Menu

Peringati HPN di Limapuluh Kota, BW Luak Ziarah ke Makam Wartawan Senior

  Dibaca : 511 kali
Peringati HPN di Limapuluh Kota, BW Luak Ziarah ke Makam Wartawan Senior
DOA BERSAMA— Keluarga Besar BW Luak Limo Puluah berdoa bersama di makam salah seorang wartawan senior.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021, Balai Wartawan (BW) Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, melakukan ziarah kubur dan tabur bunga ke-makam wartawan senior di dua daerah serumpun itu, Selasa (9/2). Ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam wartawan senior itu dilakukan untuk mengenang kiprahnya dalam dunia jurnalis di Luak Limopuluah dan Sumatera Barat serta nasional.

“Dari data yang dikumpulkan tim survei BW ada sekitar 20 makam senior wartawan yang akan kita datangi. Selain tabur bunga, juga dilakukan bersih-bersih makam, dan Doa bersama,” demikian disampaikan Ketua BW Luak Limopuluah, Afridel Ilham, Selasa (9/2) di sela-sela ziarah.

Dikatakannya, melalui kegiatan di HPN tahun 2021 ini, para wartawan harus diharapkan mampu menjalankan tugas sesuai Kode Etik Jinalistik (KEJ) yang harus jadi panduan bagi setiap wartawan dalam menjalankan tugas peliputan. Dia juga meminta agar para wartawan BW Luak Limopuluah bisa terus meningkatkan kemampuan demi menjalan fungsi Pers.

“Wartawan itu harus bekerja dengan nurani dan selalu berpijak dengan KEJ. Para senior yang makamnya didatangi hari ini (Selasa, 9/2) sudah membuktikan integritasnya sebagai wartawan,” sebutnya.

Tidak kalah penting, tambah Afridel, persatuan diantara sesama pekerja media yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota harus selalu dijaga demi kemajuan bersama.

Pada kesempatan itu, Afridel juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah jadi donatur, diantaranya OPD Pemko Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan pihak-pihak swasta lainnya. Selain melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para wartawan senior, anggota BW Luak Limopuluah juga melakukan pembagian hand sanitizer kepada pengguna jalan di Tugu Adipura, Kota Payakumbuh.

“Karena ini masa pandemi Covid-19, kita BW Luak Limopuluah juga ingin berkontribusi terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang wartawan senior Luak Limo Puluah, Widiat, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Balai Wartawan (BW) dalam memperingati hari pers nasional tahun 2021 ini. Dia menyebut, betapa pentingnya melakukan ziarah dan tabur bunga kemakam wartawan senior yang telah dahulu untuk mengenang perjuangannya.

“Kegiatan ini hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk mengenang perjuangan kawan-kawan senior wartawan yang telah mendahul kita menghadap Alloh. Semoga kita semua baik yang senior maupun yang masih muda lebih mengetahui tokoh tokoh pers di Luak Limo Puluah ini,” sebutnya.

Disampaikan Widiat, ada Dua Puluh orang wartawan senior di Luak Limo Puluah yang telah berpulang kerahmatullah yang akan diziarahi. Nama-nama itu, Kamardi Rais wartawan Semangat, Wan Bata wartawan Singgalang, Syahrudin Syaid wartawan Singgalang, Effendi Kusnar wartawan Semangat, H Saharwadi Wartawan Haluan.

Kemudian, Syukri Nur, wartawan Singgalang, AM Chandra wartawan Bakinnews, Rothman Uchok Silitonga wartawan Kabar Daerah, Rancpendri Sakti wartwan Minangterkini, Muhammad Siebert Haluan, Simioni Wartawan Semangat, Suud Aufia, Amra Rasyid, Ikral Jalul Irja, Dt Limpatiah wartawan canang, Sijup Rakyat mandiri,

Nasrul wartawan Rakyat mandiri, Husnul Rais mantan sekretaris redaksi Haluan, Muclis Sulin Dt. Mantan senior di Harian Singgalang dan Jhon AR Putra, mantan wartawan Haluan. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional