Menu

Peringati Hari Lingkungan Sedunia, 50 Ekor Anak Penyu Dilepas ke Laut

  Dibaca : 339 kali
Peringati Hari Lingkungan Sedunia, 50 Ekor Anak Penyu Dilepas ke Laut
LEPAS PENYU— Puluhan ekor anak penyu dilepas ke laut di kawasan Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Kototangah, Sabtu (6/6).

KOTOTANGAH, METRO
Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 50 ekor anak penyu dilepas untuk mengantisipasi kepunahan. Pelepasan penyu dilakukan di kawasan Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Kototangah, Sabtu (6/6).

Pantauan POSMETRO, terlihat penyu yang merupakan habitat dilindung itu dilepas oleh sejumlah relawan dan pemerhati penyu bersama wisatawan yang sedang berkunjung ke lokasi. Beberapa menit dilepaskan, penyu tampak berlarian menuju kearah laut dan hilang terbawa arus ombak pantai.

Relawan dan pemerhati penyu, Pati Hari Yose mengatakan, penyu-penyu dilepas supaya tidak terjadi kepunahan. Sebab penyu merupakan salah satu habitat yang dilindungi yang hampir punah.

“Empat jenis penyu yang kita lepas hari ini, yakni Penyu Lekang, Penyu Hijau, Penyu Belimbing dan penyu jenis Sisik. Ada sebanyak 50 ekor yang kita lepaskan. Kemudian total seluruh, sebanyak 50 ribu lebih penyu yang telah kita lepas sejak tahun 2014,” sebutnya.

Ia menyayangkan masih banyak ditemukan perburuan penyu yang dijadikan sumber perekonomian masyarakat lokal.

“Dalam hal ini, masih terkendala dengan pembiayaan untuk biaya operasionalnya dan biaya kompensasi pemeliharaan telur-telur penyu. Nah, ini tentu akan menjadi tangan bagi kita dalam pelestarian penyu yang hampir punah,” sambungnya.

Yose menambahkan, telur-telur tersebut sebagian diperoleh dari hasil penelusuran sendiri. Sebagian lagi didapat dari nelayan yang sengaja maupun tidak sengaja menangkap telur penyu tersebut.

“Kemudian kita edukasi untuk tidak menjualnya dan diberi kompensasi sebagai ganti rugi balitbang telah menangkap telur penyu dan ini bukan berarti transaksi jual beli. Karena ini semata-mata kami lakukan untuk melindungi penyu dari kepunahan,” pungkasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

<span class="blue2 bdrblue">Fanpage</span> <span class="red">Facebook<span>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional