Close

Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Semen Padang Tanam Pohon di Area Reklamasi Tambang

HARI LINGKUNGAN HIDUP— Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di lokasi Wetland, yang merupakan area Reklamasi Tambang PT Semen Padang, Jumat (10/6).

INDARUNG, METRO–Memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dengan tema Only One Earth, PT Semen Padang mela­kukan penanaman pohon atau re­ve­getasi di lokasi Wetland, yang merupakan area Reklamasi Tam­bang PT Semen Padang, Jumat (10/6).

Penanaman pohon jenis tram­besi dan sengon di bekas kawasan IUP 206 Ha itu, dilakukan oleh Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar, dan Direktur Ope­­rasi PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, dan sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Pa­dang. Tampak hadir di an­taranya,  Kepala Depar­te­men Tambang & Penge­lolaan Bahan Baku, Andria Delfa, Kepala Departemen Internal Audit, Mareza Harlan, Kepala Depar­te­men Perencanaan & Pe­ngen­dalian Produksi, Juke Is­mara, Kepala Departe­men Produksi Terak, Ad­mar­tin, Kepala Depar­te­men Pemeliharaan, Mu­ham­mad Syafitri, dan Staf Direksi Durain Parmanoan.

TANAM POHON— Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra melakukan penanaman pohon di lokasi Wetland, yang merupakan area Reklamasi Tambang PT Semen Padang, Jumat (10/6).

Dirut PT Semen Pa­dang, Asri Mukhtar dalam sam­butannya mengatakan, penanaman pohon dalam rangka Hari Ling­kungan Hidup se-Dunia yang diperingati setiap 5 Juni ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian Semen Padang terhadap lingkungan.

Menurutnya, tema Only One Earth ini berfokus pada Living Sustainability in harmony with nature, atau satu bumi untuk masa depan yang berfokus pada prin­sip hidup berkelanjutan dan harmonis dengan alam

Tema ini, tentunya me­ngan­dung makna yang sangat dalam, karena ketika bicara sustainability, banyak hal yang tentunya bisa dimunculkan dan implementasikan dalam bentuk terobosan atau inovasi untuk menjaga lingkungan hidup dalam aktivitas sehari-hari, tanpa terkecuali di dalam aktivitas produksi dan penambangan.

“Jadi, banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai perusahaan pemegang IUP dalam menjaga ling­kungan, khususnya di ling­kungan perusahaan seperti re­newable energy, pengelolaan limbah, menjaga emisi yang dihasilkan dan melakukan penanaman pohon seperti yang kita lakukan hari ini,” kata Asri.

Asri juga menyampaikan bahwa penanaman  pohon trembesi dan sengon di kawasan IUP 206 Ha ini merupakan tanaman yang terbukti efektif cepat tumbuh dan adaptif di daerah bekas tambang. Untuk itu, Asri berharap penanaman ini bukan hanya sekedar seremonial saja.

“Saya berharap saat kita menanam pohon, kita itu sedang menanam doa, menanam harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. Jadi, mari kita selalu konsisten dan berinovasi untuk terus menjaga lingkungan hidup,” ujarnya.

Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia  dilakukan penanaman pohon secara simbolis hari ini sebanyak 88 pohon. Penanaman akan dilanjutkan di area reklamasi Tambang Batu kapur dengan target total sebanyak 4.664 batang pada tahun ini.

Penanaman pohon ini pada intinya juga bagian dari program reklamasi tambang yang terus dilakukan  PT Semen Padang secara berkelanjutan dari tahun ke tahun sesuai dengan dokumen Reklamasi dan Pasca Tambang Semen Padang.

Reklamasi ini kegiatan multitahunan di Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku, dan tiap tahun ada targetnya. Untuk tahun 2022, PT Semen Padang memiki target sebanyak  5 hektare  untuk dihijaukan. (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top