Menu

Peringati Hari Juang TNI AD ke-75, Korem 032 Wirabraja Gelar Donor Darah

  Dibaca : 333 kali
Peringati Hari Juang TNI AD ke-75, Korem 032 Wirabraja Gelar Donor Darah
DONOR DARAH— Danrem 032 Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada turut mendonorkan darahnya jelang Hari Juang TNI AD yang ke-75 di Gedung Sapta Marga, Kamis (10/12).

SUDIRMAN, METRO
Jelang memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) yang ke-75 yang jatuh pada 15 Desember 2020 mendatang, Korem 032 Wbr melaksanakan kegiatan donor darah yang berlangsung di Gedung Sapta Marga Korem 032 Wbr, Kamis (10/12).

Danrem 032 Wbr, Brigjen TNI Arief Gajah Mada yang turut melakukan kegiatan donor darah menjelaskan, kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Korem 032 Wbr. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu PMI guna memenuhi stok kebutuhan darah yang selalu kurang.

“Untuk donor darah dalam kegiatan ini berjumlah 300 kantong darah yang akan disumbangkan langsung kepada PMI Padang,” kata Danrem 032 Wbr.

Dengan Peringatan Hari Juang Kartika ini, Brigjen TNI Arief berharap masyarakat dapat memahami perjuangan dari TNI AD. Selain itu, TNI AD diharapkan terus bersikap profesional dan lebih baik lagi. “Kita harapkan dengan Hari Juang Kartika, sebagai prajurit TNI AD selalu meningkatkan sikap profesionalisme dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Dari pantauan lapangan, para prajurit TNI AD di Korem 032 Wbr, tampak antre untuk melakukan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum mendonorkan darah, setiap pendonor dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis yang telah disiapkan PMI. Selain itu diwajibkan mencuci tangan dan memakai masker.

Seperti diketahui, Hari Juang Kartika TNI AD diperingati oleh segenap korps Angkatan Darat setiap 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Pada Desember 1945 tersebut, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang. Pertempuran tersebut berlangsung selama empat hari dengan penuh semangat dari para pejuang.

Kemenangan pertempuran Ambarawa pada 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika. (cr1)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional