Close

Peringati Hari Guru Nasional, Pemkab Solsel Gelar PGRI Bupati Cup 2022

PADANG ARO, METRO–Ribuan guru yang tergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) hadiri pembukaan turnamen Sepak Bola dan Volley Ball “PGRI BUPATI CUP 2022”. Turnamen antar guru tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-77 Tahun 2022. kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan, dari tanggal 17 hingga 19 November 2022.

Di hadapan guru se Solok Selatan, Bupati Solok Selatan H Khairunas turut mengucapkan selamat HGN ke 77 Tahun 2022. “Momentum peringatan hari guru hendaknya diiringi juga dengan kematangan kompetensi yang dimiliki guru. Saat ini para guru harus berubah dan belajar untuk meningkatkan kompetensinya,” kata Khairunas di Lapangan Bola Gelora Energy Pekonina, Kamis (17/11).

Terkait kompetisi sepak bola dan volley ball, Khairunas menyebut event ini bukan hanya tentang siapa yang menang, atau kalah, namun yang diperlukan dalam setiap pertandingan adalah harus memiliki jiwa sportivitas. Termasuk kita harus menerapkannya dalam profesi kita.

Selain itu, guru sebagai garda terdepan dalam peningkatan mutu pendidikan, harus juga berperan dan berkolaborasi dengan semua pihak. “Berkola­borasi terkait apa yang terjadi di masyarakat, tidak hanya bidang pendidikan, namun juga bidang lainnya seperti pengentasan stunting dan sebagainya,” tegas Bupati.

Kepada Kepala Sekolah Penggerak dan guru penggerak Bupati berpesan agar dapat ditularkan kepada sekolah dan guru lainnya. Kabupaten Solok Selatan harus melangkah maju di segala sektor untuk ma­syarakat maju dan sejahtera.

Sementara Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan bahwa kemajuan saat ini memaksa kita untuk bertransformasi karena peran guru sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara ke depan khususnya di Solok Selatan.

Zigo juga mengatakan bahwa DPRD Solsel juga berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Solsel secara totalitas. “Peningkatan SDM menjadi poin pertama dan ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya meningkatkan mutu SDM Guru harus dievaluasi setiap saat sehingga diharapkan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan pendidikan di Solok Selatan.

Pembukaan turnamen ini diikuti oleh 2.500 guru TK, SD, SMP dan SLTA se-Solok Selatan. Sementara pemenang turnamen akan diberikan hadiah saat peringatan Hari Guru nasional tanggal 25 November 2022 mendatang. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top