Menu

Peringati Hari Gizi Nasional, Wawako Canangkan Program AMPB dan TMPB

  Dibaca : 104 kali
Peringati Hari Gizi Nasional, Wawako Canangkan Program AMPB dan TMPB
Ilustrasi

PAYAKUMBUH, METRO – Wakil Wali Kota (Wawako) Payakumbuh Erwin Yunaz canangkan Program Awali Makan Pagi dengan Buah (AMPB) dan Tutup Makan malam Pakai Buah (TMPB) di Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59, Sabtu 9 Februari 2019. Kegiatan ini menghadirkan sekitar tiga ribuan pelajar sekolah dasar dan menengah yang memadati Kawasan Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang.

Erwin Yunaz mengatakan, pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 yang jatuh pada 25 Januari 2019, Kota Payakumbuh juga meluncurkan Program Awali Makan Pagi dengan Buah (AMPB) dan Tutup Makan malam Pakai Buah (TMPB). Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal baik demi kesehatan tubuh.

“Selama ini mungkin kita semua jarang atau tidak melakukan makan pagi dengan buah karena sejak dulunya ada semacam kebiasaan yang membuat kita kalau makan pagi pasti dengan nasi atau makanan lainnya. Kali ini mari kita ubah pola makan ini dengan memakan buah di pagi hari dan menutup makan di malam hari dengan buah,” kata Wakil Walikota Payakumbuh.

Dikatakan, peringatan HGN ini dapat menjadi momentum dalam upaya meningkatkan komitmen seluruh pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa yang berprestasi sehingga gizi seimbang dan prestasi gemilang. Dimana gizi seimbang ini terdiri dari komponen yang cukup jumlahnya, cukup kualitasnya, mengandung beragam zat gizi yang dibutuhkan tubuh, khususnya untuk tumbuh bagi anak-anak.

“Masalah gizi saat ini bukan hanya masalah gizi buruk, balita pendek atau stunting, dan kurus saja. Tapi juga gizi lebih, kegemukan dan obesitas baik pada anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Kondisi ini terjadi karena gizi yang tidak seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang mengakibatkan terjadinya penyakit jantung, hipertensi, diabetes mellitus, ginjal, dan penyakit lainnya,” ujar Wawako.

Ia mengimbau kepada warga Kota Payakumbuh untuk melakukan pola hidup sehat dan berharap pencanangan Program AMPB dan TMPB dapat bermanfaat. Sehingga dapat terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM) yang kebanyakan terjadi saat ini. “Mari hidup sehat dan semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup kita semua tanpa Penyakit Tidak Menular (PTM),” katanya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional