Close

Peringati Harhubnas Tahun 2022, Ribuan Insan Perhubungan dan Warga Padang Ikuti Jalan Santai

JALAN SANTAI— Kepala Dishub Sumbar, Heri Nofiardi didampingi Sekretaris, Marten Yunus bersama Pimpinan Insan dan Mitra Perhubungan se-Sumbar melepas jalan santai di halaman kantor Dishub Sumbar, Minggu pagi (18/9).

RADEN SALEH, METRO–Ribuan peserta yang terdiri dari insan dan mitra Perhubungan se-Sumbar bersama warga Kota Padang tumpah ruah mengikuti jalan santai yang dimulai dari halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar, Ming­gu pagi (18/9).

Jalan santai yang mengitari jalan utama Kota Padang pagi itu merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada Sabtu, (17/9). Tidak hanya jalan santai, kemeriahan pe­ringa­tan Harhubnas hari itu juga di­tandai dengan hadirnya berbagai hiburan musik, per­lom­baan dan undian doorprize dengan hadiah menarik.

Peringatan Harhubnas pagi itu juga berdampak ekonomi bagi warga Kota Padang. Di mana, Dishub Sumbar menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk menyediakan berbagai produk kuliner di Kota Padang. Hadirnya stand UMKM ini diserbu oleh pengunjung yang ha­dir pagi itu.

Kepala Dishub Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi me­nga­takan, jalan santai ini yang pertama kali digelar setelah lebih tiga tahun masyarakat Sumbar meng­ha­dapi pandemi Co­vid-19. ”Dengan tema Har­hub­nas “Bangkit Maju Ber­sama”, hari ini dengan menggelar jalan santai, kita bangkit bersama untuk kehidupan yang lebih baik dengan adaptasi ke­bia­saan baru pascapandemi Covid-19,” harap Heri.

Jalan santai pagi ini diikuti Keluarga Besar Insan Perhubungan se-Sumbar. Baik itu itu jajaran Dishub Sumbar, Dishub Kabupaten Kota se-Sumbar, UPT pemerintah pusat, BUMN dan Balai-balai Kementerian Perhubungan yang ada di Sumbar. Termasuk juga dari Organda Sumbar.

Tujuan digelarnya jalan santai ini menurut Heri, untuk membangun silahturahmi sesama insan perhubungan. “Dengan silahturahmi ini sehingga mereka menjadi satu tidak bisa dipisahkan. Baik pemerintah pusat, Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten kota, dengan satu tujuan, mewujudkan transportasi aman, nyaman, lancar, tertib dan efisien.” ungkap Heri.

Setelah kegiatan jalan santai hari ini, rangkaian kegiatan Harhubnas berlanjut dengan dilaksanakannya “Perhubungan Cilik” yang akan diikuti peserta anak-anak, sebagai bentuk sosialisasi tentang trans­portasi dan keselamatan lalu lintas sejak dini. Juga ada kegiatan bakti sosial berupa anjangsana yang dilaksanakan Ibu-ibu Dharma Wanita Perhubungan ke panti asuhan.

Kemudian, Senin (19/9) merupakan peringatan pun­cak Harhubnas ditandai dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah yang diikuti seluruh Insan Perhubungan Sumbar, BUMN dan mitra perhubungan.

Sebelumnya, Sabtu (17/9) Harhubnas juga  ditandai dengan pertandingan futsal yang diikuti Dishub Sumbar juga Dishub se-Sumbar, Kesyabandaraan dan Otoritas Pelabuhan Teluk Bayur, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wila­yah Sumatera Bagian Barat, PT.KAI Divre II Sumbar.

Peserta lainnya, Distrik Navigasi Kelas II Teluk Bayur, Perum Damri Cabang Padang, PT. Pelindo Teluk Bayur, AIRNAV Padang dan PT Angkasa Pura II BIM Padang.

Sebelumnya, Dishub Sumbar juga menggelar kegiatan donor darah, Ra­bu (14/9). Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Kantor Dishub Sumbar ini, diselenggarakan bekerjasama dengan PMI Kota Pa­dang.

Di mana yang terlibat dalam kegiatan bhakti sosial ini terdiri dari jajaran Dishub Provinsi Sumbar, Perwakilan Kementerian Perhubungan, Poltekpel, PT Jasa Raharja, ASDP, Organda Sumbar dan Instansi Pemprov Sumbar serta Pemko Padang.

Dishub Sumbar juga telah melaksanakan Festival Ayam Kukuak Balenggek yang diikuti 500 peserta penghobi dan pencinta ayam kukuak balenggek dari berbagai daerah di Sumbar, Minggu (11/9). (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top