Menu

Peringati 1 Tahun Berdirinya KBPBO, KBPBO Wadah Pemersatu Pabasko

  Dibaca : 78 kali
Peringati 1 Tahun Berdirinya KBPBO, KBPBO Wadah Pemersatu Pabasko
Foto bersama— Pengurus KBPBO berama Forkompinda foto bersama di Tanjung Mutiara, Nagari Batu Taba, Tanah Datar.

PADANGPANJANG, METRO
Keluarga Besar Padangpanjang Batipuh X Koto (KBPBO) memperingati 1 tahun berdirinya organisasi sosial aktif melalui media sosial facebook. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KBPBO, Allex Saputra, sebagai bentuk organisasi penyeimbang informasi yang berkembang.

“Tepat 1 November 2020, genap berumur 1 tahun organisasi KBPBO  yang dibentuk secara mufakat dan sepakat dari segenap masyarakat Padangpanjang,  Batipuh dan X Koto (Pabasko). Alhamdulillah KBPBO terus berkarya memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Allex Saputra, di sela sela kegiatan milad yang diselenggarakan di Tanjung Mutiara, Nagari Batu Taba,  Batipuh Selatan, Tanah Datar, Minggu (1/11).

Lebih lanjut Allex Saputra,  lahirnya organisasi KBPBO berangkat dari sebuah ide masyarakat Pabasko yang aktif disalah satu media sosial facebook bertujuan sebagai media penyeimbang  yang berkembang meliputi informasi di wilayah hukum Polres Padangpanjang.

“Organisasi ini terus kita benahi sehingga menjadi organisasi yang hadir di dunia nyata. Mengemban satu wujud menciptakan situasi ketertiban masyarakat umum khususnya di lingkungan Pabasko,” Ujarnya.

Seiring dengan hal tersebut, Allex Saputra yang juga sebagai Ketua Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Kota Padangpanjang mengatakan, KBPBO kedepannya bisa bersinergi dengan Pokdar.

“KBPBO dibentuk sebagai wadah pemersatu masyarakat Pabasko. Alhamdulillah, di umur satu tahun KBPBO telah ribuan masyarakat yang telah bergabung dalam grup KBPBO. Ini capaian yang sangat luar biasa,” sebut Allex Saputra.

Dewan Pembina KBPBO Basrizal Dt,  Panghulu Basa, mengatakan menghadirkan organisasi  KBPBO yang prakarsai generaai muda Pabasko tersebut selain wadah pemersatu, organisasi merupakan sebuah jembatan penghubung generasi muda, tua, tokoh dan tempat dimana pejabat Pemko Padangpanjang dan Pemda Tanah Datar ikut tergabung  di KBPBO.

“Di sini, kita tidak mengkaji asal usul, suku dan ras malah kita  tidak melihat keberagman yang ada. Organisasi ini benar sebagai wadah pemersatu antar generasi Pabasko, “ ungkap B. Dt, Panghulu Basa.

KBPBO,  lebih lanjut B. Dt, Panghulu Basa, Berawal dari kelompok kecil hingga menjadi tempat berkawan, badunsanak sehingga hubungan kekerabatan dalam keberagaman terbangun dalam wujud menciptakan lingkungan ramah damai dan nyaman.

Dikatakannya,  Organisasi KBPBO diyakini akan menjadi gerbong yang besar dan panjang untuk menampung keberagaman di lingkungan sosial.

“KBPBO dibangun dan dibesarkan di tengah tekanan situasional pandemi telah mengajarkan kita menggunakan cara lain untuk terus berkomunikasi. Kita ingin organisasi KPBO menjadi organisasi penyeimbang sekaligus menyiapkan generasi yang lebih baik. Tidak hanya itu, saat ini keberagaman telah menjadi sarana untuk melatih toleran, bertenggang rasa satu sama lain,” ujarnya.

Dt, Panghulu Basa juga mengatakan organisasi ini bukanlah sekedar organisasi “kongko kongko” yang bersifat seremonial belaka. Namun,  organisasi KBPBO diprakarsai sebagai bentuk wadah pemersatu wadah dalam menciptakan masyarakat  yang toleran serta membangun mental untuk ke yang lebih baik.

Sementara Kapolres Padangpanjang, AKBP Apri Wibowo, selain memberikan apresiasi yang tinggi pada pengurus KBPBO, juga mengatakan, terlahirnya organisasi  yang aktif di media sosial tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi pada masyarakat dalam menciptakan kamtibum. Banyak organisasi masyarakat memiliki visi dan misi yang bertujuan ke hal yang lebih baik.

“Saya melihat di organisasi di wilayah hukum Polres Padangpanjang, masih mengutamakan kepentingan umum.  Tidak ada ormas yang memperlihatkan ego sektoral. Alhamdulillah, melalui KBPBO kita dapat mempererat silaturahmi,” sebut AKBP Apri Wibowo, ikut hadir merayakan milad KBPBO. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional