Close

Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Agam, Pemuda Tulang Punggung Kejayaan Bangsa

INSPEKTUR UPACARA— Wabup Agam, Irwan Fikri menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, di lapangan Kantor Bupati Agam, Jumat (28/10).

AGAM, METRO–Pemuda bukan hanya jadi pelaku penting dalam membangun ketangguhan bangsa, untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045.

“Namun juga menjadi tulang punggung untuk keja­yaan bangsa sepanjang ma­sa,”ujar Kemenpora dalam pidatonya yang dibacakan Wabup Agam, Irwan Fikri saat jadi inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, di lapangan Kantor Bupati Agam, Jumat (28/10).

Jika dilihat kondisi pemuda Indonesia saat ini kata­nya, terdapat optimisme pe­nuh harapan disamping beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Tapi kita patut bersyukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan, baik tingkat nasional maupun Internasional” sebutnya.

Hal ini menurutnya, jadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa akan datang. Namun, juga dikhawatirkan bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran, serta keterpurukan da­lam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.

Atasi Kondisi ini, perlu upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda jadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia.

“Maka kita mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia kem­bang­kan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang ma­sa,”ajak Kemenpora dalam pidatonya.

Dengan begitu katanya, kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara persial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

“Untuk itu mari kita jadikan peringatan Hari Sumpah ke-94 sebagai momentum meningkatkan semangat kita bersama membangun bang­sa,”ajaknya lagi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top