Close

Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021, Pramuka menjadi Perpanjangan Tangan Pemerintah di Kota Pariaman

DILANTIK—Wali Kota Pariaman H Genius Umar melantik pengurus dan pengukuhan saat peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021.

Dalam perigatan ha­ri pramuka ke 60 tahun 2021, Walikota Pariaman H Genius Umar yang juga Ke­tua Majelis Pembimbing Cabang, kemarin,  melantik Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 16 Kota Pariaman periode 2019 – 2024.  Pelantikan dilaksanakan pada saat upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 bertempat di Area Cam­ping Ground Pantai Kata Kota Pariaman. Ketua Mabicab Kota Pariaman Genius Umar mengucapkan selamat bertugas kepada Ketua terpilih Hendri dan pengurus Kwarcab 16 Kota Pariaman.

“Menjadi Ketua dan Pengurus Kwarcab 16 Ko­ta Pariaman merupakan tanggung jawab yang cukup berat. Kita akan dihadapkan pada tantangan yang terus berkembang, tapi saya meyakini de­ngan pendidikan yang di­kemas dalam kegiatan yang menantang, mena­rik, dan menyenangkan mampu menjadi Kegiatan gerakan pramuka menjadi ciri khas dan selalu da­pat menjadi wadah yang dapat diandalkan serta mampu membawa pemuda Indonesia khususnya Kota Pariaman menatap ke masa depan yang lebih cerah, dan membangun negeri,” ujar Genius.

Tanggal 14 Agustus  1961, Presiden Soekarno sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas) memberikan panji gerakan pramuka kepada Ketua Kwarnas gerakan pramuka pertama, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dimana peristiwa ini menjadi lahirnya gerakan pramuka (Praja Muda Karana) di Republik Indonesia.

“Kondisi pramuka saat ini memang jauh berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Saat ini apapun bentuk kegiatan menjadi tertunda karena adanya pandemic Covid-19. Namun harapan saya ini tidak menjadi peng­halang untuk tetap semangat dalam mengabdi menjadi Ketua dan Pe­ngurus Kwarcab periode 2019 – 2024. Waktu itu sa­ngat terasa tapi seiring revitalisasi gerakan pramuka kondisinya pun beru­bah. Kehadiran gerakan pramuka harus dirasakan sebagai manfaat bukan dirasakan beban masalah bagi lingkungan setempat,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan kepengurusan yang baru, gerakan pramuka di Kota Pariaman lebih me­ningkat lagi dan dapat mencetak generasi uda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab, mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif dan ikur serta dalam pembangu­nan nasional.

“Pengurus Kwarcab 16 Kota Pariaman yang baru, saya harap selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka di Kota Pariaman, sekaligus mendukung program-program unggulan dari pemerintah Kota Pariaman, serta me­nyempurnakan dan meningkatkan pendayagu­na­an potensi kwartir cabang yaitu sumber daya manusia, materi pendidikan, sistim pembinaan dan manajemen organisasi. Sehingga Gerakan Pramuka semakin mendapat perha­tian dari generasi muda. Karena secara nyata mam­pu mencetak kaum muda cinta tanah air, berpendidikan, berwatak /berkarakter dan berbudi pekerti luhur serta mampu menyelesaikan masa­lah yang dihadapi, “

 Usai dilantik sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Pramuka Kota Pariaman, Hendri langsung lantik Pengurus Saka (Satuan Kerja) Bhakti Husada, dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Pariaman, di kawasan Cam­ping Ground, Pantai Kata, Kecamatan Pariaman Tengah.

Kak Hendri selaku Kakwarcab yang baru dilantik oleh Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Cabang) 16 Pramuka Kota Pariaman yang juga Walikota Pariaman, Genius Umar, juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Su­matera Barat, Kak Alwis, dan Dewan Kerja Daerah Provinsi Sumatera Barat serta jajaran Mabicab 16 Pramuka Kota Pariaman.

“Selamat kepada pe­ngu­rus Saka Bhati Husada dan DKC Kota Pariaman yang baru dilantik, agar dapat bekerja den­g­an penuh tanggung ja­wab dan amanah, dalam mem­bentuk karakter dan mem­bina watak dan karak­ter generasi muda,” ujarnya.

Lebih lanjut Hendri mengatakan gerakan Pramuka merupakan mitra atau perpanjangan tangan pemerintah, semoga si­nergitas anatar pemerintah daerah dan Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, dapat lebih baik lagi, sehingga pramuka mampu mengambil peran secara nyata dalam merencanakan, mengelola dan ikut serta dalam mendukung pembangunan generasi muda Kota Pariaman, ulasnya.

“Kami bersama de­ngan Pengurus Kwarcab 16 Pamuka Kota Pariaman, akan Siap Sedia Mem­ba­ngun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya berupa Trisatya dan Dasa Dharma, Sehingga de­ngan Trisatya dan Dasadarma tersebut, terlihat melalui implementasinya dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Khusus untuk Saka Bhak­ti Husada, yang di­pimpin oleh Nazifah (Kadis Kesehatan Kota Pariaman), dan DKC yang di­pimpin oleh Nico Nofrialdo, Hendri berpesan agar dapat mengaktifkan Pe­ngurus Saka Bhakti Husada dan DKC sebagai relawan dalam penanganan pendemi Covid-19 yang melanda saat ini. “Kita kitak tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir, karena itu, seluruh Pengurus Saka Bhkati Husada dan DKC, hendaknya dapat mengambil peran sebagai relawan Satgas Co­vid-19 Kota Pariaman, dalam upaya mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman,” ujarnya.

Hal ini juga sesuai de­n­gan tema hari Pramuka tahun 2021 kali ini, yaitu pramuka berbakti tanpa henti, dalam memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional’. O­leh ka­rena itu, selaku Ke­tua Kwar­tir Cabang Gerakan Pra­muka Kota Pariaman yang baru dilantik, saya ber­harap kita semua me­mi­liki perhatian penuh terhadap hal tersebut, tutupnya,

Atas dasar itulah Walikota Pariaman Genius Umar menyatakan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka.  “Bukan berarti bulan-bulan lainya kita tidak mengadakan kegiatan atau amal bakti, tetapi di Bulan Agustus yang merupakan hari lahirnya Gerakan Pramuka ini, kita fokuskan selama satu bulan ini, untuk berbakti dengan apa yang kita bisa,” ujarnya.

“Hal ini juga sesuai dengan Keputusan Kwar­tir Nasional Nomor 094 Tahun 2021, dalam memperingati Hari Pramuka ke 60 tahun 2021 ini, dan hari ini saya langsung menugaskan Pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, untuk bergotong royong selama bulan A­gus­tus ini, di Camping Ground, Pantai Kata, lokasi kita mengadakan kegiatan kita hari ini,” tambahnya.

Genius Umar juga me­ngungkapkan bahwa kawasan Camping Ground di Pantai Kata ini masih ba­nyak yang perlu dibenahi dan ditata, dimana kawasan ini nantinya akan dijadikan pusat kegiatan Pramuka dalam menga­dakan kegiatanya. “Kawasan ujung Pantai Kata ini sangat bagus sekali untuk diadakan kegiatan outdoor dan camping, dan nantinya kawasan Cam­ping Ground ini akan dike­lola oleh Pramuka, karena itu, perlu adanya penataan dan pembersihan area yang masih banyak perlu dibersihkan,” tukasnya.

Kawasan Pantai Kata yang berada di pinggir pantai dan banyak ditumbuhi pohon cemara laut ini, perlu di pangkas dan di­bentuk kembali agar da­pat menjadi lebih indah, sejuk dan nyaman ketika berada disana, dan tugas ini akan menjadi tugas dari pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman. “Sam­pai akhir bulan Agustus mendatang, agar di­buat jadwal untuk jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kota Pariaman ini, bersama dengan seluruh ke Saka an yang ada, dan kita nanti dari pemerintah daerah, akan membantu pra sarananya, kalau perlu Mobil Dapur umum Dinas Sosial akan kita stand by kan di Camping Ground Pantai Kata ini,” tandas­nya mengakhiri.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top