Close

Peringatan Hari Pramuka ke-60, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Terima Penghargaan Lencana Melati

SERAHKAN—Ketua Kwartir Daerah 03 gerakan Pramuka Sumatera Barat H Nasrul Abit, serahkan penghargaan kepada Bupati Dharmasraya Sutan Riska.

DHARMASRAYA, METRO–Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Ke­rajaan, selaku Ketua Ma­jelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka Ka­bupaten Dharmasraya, me­nerima penghargaan Lencana Melati dari Kwar­tir Nasional (Kwarnas). Penghargaan ini dise­rah­kan langsung oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Su­matera Barat, Nasrul Abit pada upacara peringatan ulang tahun ke 60 Gerakan Pramuka Nasional tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang dilaksanakan di ha­laman Kantor Bupati Dhar­masraya, Ahad (15/8). Peng­hargaan ini diberikan karena Bupati Sutan Riska dinilai telah mendorong aktifnya kegiatan Pramuka di Kabupaten Dhar­mas­raya.

Selain itu, pada kesem­patan yang sama, Sekre­taris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, selaku Ketua Kwartir Ca­bang (Kwarcab) 18 Gerakan Pramuka Kabupaten Dhar­masraya, juga menerima penghargaan Lencana Dhar­ma Bhakti dari Kwarnas.

Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah mem­berikan jasa dan pengab­dian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pra­muka. Sementara Lencana Dharma Bhakti adalah tan­da penghargaan yang dibe­rikan kepada seorang yang telah menyumbangkan te­naga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat mem­bantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengem­bangan Gerakan Pramuka.

Ketua Kwarda 03 Ge­rakan Pramuka Sumatera Barat, Nasrul Abit, ber­harap, penganugerahan tanda penghargaan ini da­pat semakin mendorong Gerakan Pramuka di Kabu­paten Dharmasraya untuk lebih giat di masa masa yang akan datang.

“Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam menyonsong globalisasi. Gerakan Pramuka, adalah tempatnya. Maka dari itu, Gerakan Pramuka Dhar­masraya ke depan kami harapkan semakin giat dalam membina dan mem­persiapkan generasi muda yang berkarakter untuk menyonsong globalisasi. Selamat kepada Bupati dan Sekda, semoga pramuka di Kabupaten Dharmasraya tetap jaya ke depan dan kita tetap solid untuk ber­karya tanpa henti,” ujar Nasrul Abit.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kera­jaan, pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya dan Sekretaris Daerah.

“Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan semangat dan dedikasi kita semua khususnya jajaran Kwarcab 18 Gerakan Pra­muka Dharmasraya, de­ngan berperan aktif, turut serta mengupayakan pen­cegahan penyebaran covid 19. Sekaligus memiliki se­mangat kepedulian na­sional yang semakin ting­gi,” ungkapnya.

Sutan Riska juga ber­harap kesediaan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Su­matera Barat untuk mem­berikan motivasi sekaligus perhatian khusus bagi ke­majuan gerakan pramuka di Kwarcab 18 Dhar­mas­raya. “In syaa Allaah, Dhar­masraya selalu siap untuk mengabdi tanpa hen­ti demi kejayaan NKRI.  Selamat hari ulang tahun pramuka ke 60, sekaligus Dirgahayu ke 76 NKRI,” ucap Sutan Riska mengakiri sambutan.

Sementara itu, menu­rut Ketua Kwarcab 18 Gera­kan Pramuka Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, dalam memperingati ulang tahun ke 60 pramuka, Kwar­cab 18 Dharmasraya telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Diantaranya ke­giatan Renungan dan U­lang Janji Gerakan Pra­muka, kegiatan ziarah dan tabur bunga di salah satu makam penggerak Ge­ra­kan Pramuka Dhar­mas­raya, kegiatan bhakti sosial berupa pembagian paket sembako kepada anggota pramuka dan masyarakat yang terdampan covid-19, penyemprotan desinfektan di masing-masing Kwaran, kontes video 60 detik dalam rangka 60 tahun hari pra­mu­ka, serta upacara pe­ri­nga­tan hari pramuka ke 60 yang dilaksanakan pada hari ini.

“Kegiatan pramuka te­tap terlaksana di tempat dan wilayah kita secara keseluruhan. Meskipun dalam suasana pandemi covid 19, kita masih bisa melakukan kegiatan-ke­giatan, meskipun dengan skala yang sangat terbatas tentunya,” tandas Adlis­man. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top