Menu

Peringatan Hari Bidan Nasional (HBN) ke-70, “Semoga Bidan Semakin Kompak dan Saling Bersinergi“ di Kabupaten Agam

  Dibaca : 99 kali
Peringatan Hari Bidan Nasional (HBN) ke-70, “Semoga Bidan Semakin Kompak dan Saling Bersinergi“ di Kabupaten Agam
Sesri, STr. Keb, SKM, MKM Ketua IBI Cabang Kabupaten Agam

AGAM, METRO–Peringatan Hari Bidan Nasional (HBN) ke-70 diharapkan da­pat menjadi momentum un­tuk meningkatkan siner­gitas bidan di Kabupaten Agam. Para bidan juga diha­rapkan dapat bekerjasama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Harapan tersebut disampaikan Ketua IBI Cabang Kabupaten Agam, Sesri di Lubuk Basung, Kamis (24/6). “Semoga bidan semakin kompak dan saling bersinergi dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta penurunan stunting,” ucap Sesri.

Disebutkan Sesri, HBN setiap tahun­nya diperingati tanggal 24 Juni. Tahun ini merupakan tahun ke-70 HBN dipe­ringati sejak tahun 1951. HBN juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Adapun tema di puncak HBN tahun ini adalah optimalisasi peran bidan pada pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi dalam mendukung pengua­tan pelayanan primer,” ujar Sesri.

Ditambahkan, untuk Kabupaten Agam sendiri peringatan HUT IBI direncanakan berlangsung pada akhir Juli, setelah peringatan di tingkat Provinsi Sumbar. “Untuk tema peringatan sama mulai dari nasional hingga ke kabupaten,” imbuh Sesri.

Dikutip dari laman resmi IBI di ibi.or.id, sejarah tanggal 24 Juni dipilih sebagai HBN karena bertepatan dengan hari lahirnya IBI sebagai persatuan bidan nasional pada 1951. Kala itu, sejumlah bidan senior di Jakarta mendirikan IBI dalam misi menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional