Menu

Peringatan Hari Bhayangkara ke-75, Ribuan Masyarakat Dharmasraya Ikuti Vaksinasi

  Dibaca : 56 kali
Peringatan Hari Bhayangkara ke-75, Ribuan Masyarakat Dharmasraya Ikuti Vaksinasi
VAKSINASI— Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bercengkrama dengan masyarakat penerima vaksin.

DHARMASRAYA, METRO–Peringatan Hari Bha­yangkara je 75 dijadikan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai momen berharga untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Dhar­mas­raya. Hal ini terlihat dengan tingginya antusias ma­syarakat untuk mengi­kuti vaksin massal.  Se­dikitnya, 1.488 orang me­ngi­kuti vaksinasi yang dige­lar serentak se kabupaten Dhar­masraya pada Kamis (1/7).

Hal ini diketahui saat Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan meninjau pelak­sanaan vaksinasi massal, Kamis (1/7) di lima nagari yang ada di kecamatan Koto Salak.

Plt. Kepala Dinas Kese­hatan Dharmasraya, Yosta Defina menyebutkan peri­ngatan hari Bhayangkara ke 75 di Dharmasraya di­lak­sanakan vaksinasi Co­vid-19 secara serentak disejumlah wilayah kerja puskesmas yang ada di Dharmasraya.

Yosta menjelaskan Pus­kes­mas yang melaksa­na­kan vaksinasi massal ini diantaranya, Puskesmas Sialang, pencegahan virus corona ini dipusatkan di aula Kantor Walinagari Gunung Selasih dengan jumlah sasaran, 150 orang, Puskesmas Sungai Dareh dilangsungkan di Kantor Walinagari Sikabau dengan jumlah sasaran 217 pene­rima, Puskesmas Gunung medan di Kantor Jorong Lubuk Aur dengan jumlah sasaran 121 orang, dan Puskesmas Sitiung 2 dipu­satkan di Kantor Walina­gari, Ampalu, Simalidu, Pulau Mainan, Padukuan dan Koto Salak dengan jumlah sasaran 1000 orang.  “Khusus untuk hari ini Ka­mis  1 Juli 2021 sasaran vaksinasi berjumlah 1. 488 orang,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Dhar­mas­raya, Yosta Defina kepada POSMETRO, Kamis (1/6).

Pemberian vaksin ini, lanjutnya terus dilakukan pemerintah untuk tenaga kesehatan, petugas laya­nan publik, dan juga lanjut usia (lansia).

Yosta Defina berharap kepada para nakes yang bertugas sebagai vak­sina­tor untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Seka­rang sudah masuk vaksi­nasi tahap ke 3. Karena masih banyak lagi yang akan dilakukan, maka ke­pada para nakes diminta untuk tetap menjalankan prokes,” jelasnya

Selain itu, yang dipri­o­ritaskan penerima vaksin saat ini adalah masyarakat rentan, masyarakat umum, remaja usia 12-17 tahun, pelayan publik/pelaku eko­nomi dan lansia.  “Bagi masyarakat kita harapkan untuk datang ke Pus­kes­mas atau menghubungi pihak wali nagari agar mendapatkan vaksinasi ini, “  pungkasnya

Sementara itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kera­jaan disela – sela meninjau langsung pelaksanaan vak­si­nasi ini guna memb­e­rikan edukasi, motivasi dan him­bauan agar masyarakat bersama- sama berjuang melawan penyebaran Co­vid-19.  Bupati mengimbau setelah vaksinasi tetap menerapkan protokol kese­hatan karena vaksin bukan obat corona.

“Jangan takut untuk di Vaksin, vaksin aman dan halal karena telah melalui serangkaian uji klinis dan untuk yang sudah di vak­sinasi harus tetap menjaga prokes karena vaksin itu bukan obat. Dan saya ber­harap Semoga kegiatan vaksinasi berjalan lancar dan antusias lansia sangat bagus,” jelas Bupati.

Bupati juga mene­gas­kan bahwa masyarakat jangan terpengaruh de­ngan banyaknya berita hoaks tentang vaksin.  “Ma­syarakat jangan terpe­nga­ruh berita hoaks soal va­k­sin Covid-19. Tidak mung­kin pemerintah mencelakai rak­yatnya. Berita yang be­redar soal ada yang me­ninggal akibat vaksin, itu tidak benar. Vaksin ini a­man, karena sudah me­lewati serangkaian uji kli­nis. Saya, sebagai bupati bahkan sudah lebih dulu divaksin, dua kali. Begi­tupun pak wakil bupati yang lansia, juga sudah divaksin lengkap. Alhamdulillah, baik-baik saja sampai se­karang,” terang bupati.

Lanjut bupati, vaksin ini untuk meningkatkan keke­balan tubuh  terhadap Co­vid-19. Ini adalah bentuk ikhtiar, demi keselamatan  bersama.“Mumpung seka­rang vaksin masih gratis, ambil kesempatan ini. Ja­ngan takut, vaksin ini aman, “ ajaknya

Bupati juga berpesan kepada tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator, untuk menda­hu­lukan para lansia seba­gai penerima vaksin. “Mari  bekerjasama untuk mem­percepat penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Dhar­masraya. Yang paling lagi adalah patuh terhadap protokol kesehatan, mema­kai masker, mencuci ta­ngan pakai sabun dengan air mengalir serta meng­hindari kerumunan dengan jumlah banyak,” pungkas­nya. Turut hadir mendam­pingi Bupati Sutan Riska, Kapolres Dharmasraya, AKBP Anggun Cahyono, Dandim 0310/SSD, Letkol Endik Hendra Sandi, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Yosta Defina, Camat dan Wali Nagari Se Kecamatan Koto Salak. (gus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional