Close

Perhelatan MTQ untuk Tanamkan Nilai Keagamaan, Benny Dwifa: Jangan hanya Sekadar jadi Ajang Perlombaan

PEMBUKAAN—Bupati Sijunjung Benny Dwifa membuka resmi kegiatan MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Pergelaran Musaba­qah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Sijunjung diharapkan bukan hanya sekedar ajang perlombaan saja. Namun, bisa menjadi acuan dan evaluasi dalam peningkatan kompetensi serta me­nanamkan nilai-nilai keagamaan kepada generasi muda.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa saat membuka resmi pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Selaku kepala daerah, pihaknya menyatakan akan mendukung penuh setiap kegiatan yang memberikan dampak positif bagi dae­rah. “Pergelaran ini hen­daknya tidak kita jadikan hanya sebagai ajang perlombaan, tetapi menjadi evaluasi bagi taman baca Alquran yang ada di seluruh daerah di Sijunjung. Sehingga latihan dan pembinaan kepada generasi muda tidak hanya sewaktu akan me­ngikuti perlombaan saja,” tutur Bupati Sijunjung.

Benny berharap agar kepada seluruh tenaga pengajar dan pembina agar terus membimbing generasi muda. “Kami dari pemerintah daerah akan terus memberi dukungan. Pergelaran MTQ ini bisa menjadikan generasi penerus di Kabupaten Sijunjung sebagai generasi yang religius. Dibekali dengan ilmu-ilmu keagamaan,” terangnya.

Di samping itu, pergelaran MTQ tingkat kabupaten juga menjadi acuan dan tolak ukur bagi Kabupaten Sijunjung dalam mempersiapkan Qari dan Qariah untuk menghadapai MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar yang akan digelar pada 2023 nanti di Kabupaten Solok Selatan.

Wabup Sijunjung, Iraddatillah yang juga selaku Ketua LPTQ Sijunjung me­nyebutkan, kegiatan ini merupakan persiapan dan sebagai wadah bagi Qari dan Qariah untuk melatih kemampuan.  “Di sisi lain, perlombaan kali ini juga merupakan persiapan kita untuk mengikuti ajang serupa pada tingkat Provinsi Sumbar pada tahun 2023 mendatang,” ucap Ketua LPTQ Sijunjung, Iraddatillah.

Untuk diketahui, MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Sijunjung kali ini digelar di Kecamatan Kupitan yang bertindak sebagai tuan rumah. Berlangsung selama 4 hari yang dimulai sejak Sabtu (19/11) hingga Selasa (22/11).

Pada ajang tersebut diikuti sebanyak 546 orang yang terdiri 337 kafilah dan 209 official yang tersebar dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung. “Ini patut kita jadikan contoh dan motivasi. Baru-baru ini salah satu putra daerah Sijunjung, Ustadz Dasrizal berhasil menjadi juara pada MTQ Tingkat Internasional di Kuwait, semoga akan ada lagi kafilah-kafilah yang lain dari Sijunjung memiliki pretasi serupa,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top