Close

Performance KUA Teladan 2019 Dinilai

KUA TELADAN— Kanwil Kemenag Sumbar melaksanakan penilaian KUA Kecamatan Teladan dan KUA Kecamatan Berprestasi tahun 2019. (humas)

PADANG, METRO – Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kakanwil Kemenag Sumbar melaksanakan kegiatan Tes Performance Penilaian dan Penganugrahan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teladan dan KUA Kecamatan Berprestasi tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, 26-28 Mei 2019 ini, berlokasi di Hotel Daima Padang. Hadir peserta yang merupakan Kepala KUA terbaik di setiap kabupaten dan kota se-Sumbar.

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan Observasi lapangan KUA, dimana Tim Penilai KUA Provinsi yang berasal dari Kemenag Sumbar, mengunjungi seluruh KUA kabupaten dan kota se-Sumbar yang dilaksanakan Maret – Mei 2019. Poin – poin penilaian yang dilakukan saat itu diantaranya; Unsur Transparansi berupa keterbukaan informasi, Unsur Akuntabilitas berupa Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengawasan, Unsur Partisipatif berupa sarana dan prasarana, Unsur Manajerial berupa data administratif dan SDM.

Hadir langsung membuka kegiatan, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H Hendri didampingi Kabid UraisBinsyar H. Syamsuir dan Kasi Pemberdayaan KUA H. Yufrizal. Dalam sambutannya, H Hendri menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Kepala KUA yang hadir saat ini, karena seluruh peserta yang hadir, adalah orang-orang terbaik di kabupaten dan kota se-Sumbar yang telah diseleksi secara ketat.

Kegiatan ini merupakan agenda nasional yang harus diikuti seluruh Kepala KUA se-Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi alat pemetaan Kepala KUA atas prestasi dan inovasi yang dihasilkan dan penilaian tersendiri peningkatan jenjang karir sebagai PNS. Hal ini sesuai dengan Penerapan PMA N.34/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama.

Yaitu, pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam, pelayanan bimbingan zakat dan wakaf, serta pelaksnaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan.

“Kepala KUA merupakan pemimpin yang harus mampu membawa KUA menjadi garda terdepan dan ujung tombak Kementerian Agama yang langsung menyentuh masyarakat. Hal ini sesuai dengan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan. Semuanya ini akan terlihat melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). IKM ini harus dapat di dokumentasikan dalam bentuk video dan ditayangkan di KUA masing-masing” ujar H. Hendri

“Saya berharap Tim Penilai dapat menilai dengan objektif dan memilih yang terbaik untuk mewakili Sumbar ke nasional. Untuk tahun ini saya berharap Sumbar dapat masuk peringkat 3 (tiga) besar di Nasional,” ujar Hendri

H Yufrizal mengatakan, kegiatan ini berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No.284/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian dan Penganugerahan Kantor Urusan Agama Kecamatan Teladan dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Berprestasi. Maksud kegiatan ini sebagai pedoman pelaksanaan penilaian dan penganugrahan KUA Kecamatan Teladan. Tujuannya untuk memberikan bimbingan dan motivasi peningkatan kerja KUA, terlaksananya kegiatan ini dengan baik, dan tercapainya visi dan misi Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI. Poin poin yang akan dinilai pada kegiatan saat ini adalah presentasi Kepala KUA dan Wawancara. Pemenang yang terpilih, nantinya akan mewakili Sumbar di tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2019 di Jakarta. (hsb/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top