Menu

Peremajaan Sawit, Petani Dibantu Rp30 Juta Perkapling di Kabupaten Pasaman Barat

  Dibaca : 89 kali
Peremajaan Sawit, Petani Dibantu Rp30 Juta Perkapling di Kabupaten Pasaman Barat
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

PASBAR, METRO–Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), akan merencanakan pere­majaan pada Sekitar 17 ribu hektare kelapa sawit rakyat karena produksinya mulai menurun. ”Dari 120 ribu hektare sawit rakyat sekitar 17 ribu wajib dire­majakan,” kata Kadis Dis­bun Pasbar, Edrizal.

Ia mengatakan replanting itu dilakukan untuk kela­pa sawit yang produk­tivi­tas­nya sudah menurun atau berumur 25 tahun dengan produksi di bawah 10 ton per hektare per tahunnya. Untuk saat ini, katanya program replanting juga sudah berjalan melalui dana Badan Penge­lola Dana Perkebunan Ke­lapa Sawit (BPDPKS) untuk perkebunan kelapa sawit yang tidak produktif. ”Kita menargetkan tahun ini se­kitar 3.000 hektare lahan sawit berhasil dire­maja­kan,” katanya.

Hingga saat ini sekitar 1.855 hektare lahan sawit masyarakat sudah direp­lanting pada pada 18 ke­lembagaan kelapa sawit. ”Program replanting atau peremajaan itu merupakan program pemerintah pusat dan dananya langsung ma­suk kerekening kelom­pok,” sebutnya.

Menurutnya program peremajaan itu diberikan kepada lahan kelapa sawit yang tergabung ke kelom­pok yang berbadan hukum. ”Dana peremajaan itu se­be­sar Rp30 juta per hek­tare,” katanya.

Pengerjaan replanting itu, katanya ditanggung se­munya mulai dari pe­num­bangan, bibit, pengem­ba­ngan sampai peme­liha­raan.

Semuanya dikerjakan oleh kelompok dan bisa bekerja sama dengan peru­sahaan kelapa sawit. “Satu keluarga hanya bisa mem­peroleh maksimal empat haktare melalui kelom­pok,” ka­tanya.

Ia menjelaskan masya­rakat yang ingin kelapa sawitnya diremajakan bisa mengajukan melalui ke­lom­pok yang sah. Diantara persyaratannya adalah melampirkan surat kete­rangam kepemilikan lahan yang sah, KTP, KK dan lahan tidak dalam masalah. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional