Menu

Perda AKB Tegaskan Warga harus Pakai Masker

  Dibaca : 96 kali
Perda AKB Tegaskan Warga harus Pakai Masker
Yuen Karnova

BUKITTINGGI, METRO
Pemko Bukittinggi mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 saat ini. Hal itu juga menyikapi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diterbitkan Pemprov Sumbar, pada intinya, Perda AKB adalah memakai masker.

Pemko Bukittinggi melalui Sekretaris Daerah Yuen Karnova, mengatakan, razia masker tetap dilakukan di Kota Bukittinggi. Pemko melihat aktivitas masyarakat tidak bisa dibatasi. Masyarakat tetap dipersilahkan beraktivitas, namun tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kita melihat obat virus Corona ini belum ditemukan. Karena itu, warga tetap dihimbau patuhi protokol kesehatan. Khususnya pengurus masjid, kita harapkan melakukan hal yang sama. Pengurus diminta menggulung tikar sementara waktu. Jamaah diminta membawa sajadah dari rumah. Lalu, di dalam masjid dibuat jarak. Kita minta hal ini mohon dipatuhi,” ujar Yuen.

Yuen menambahkan, Pemko akan melakukan sosialisasi Perda AKB dalam waktu dekat bersama Forkopimda. Untuk sanksi pelanggaran perda ini bertahap. Sanksi itu meliputi sanksi sosial, denda dan kurungan.

“Hal itu merupakan bukti keseriusan menerapkan Perda AKB ini. Selama ini, Pemko juga telah melaksanakan razia masker. Bahkan, TNI/Polri lebih dulu melakukan razia masker ini. Mereka melaksanakan saat akhir pekan dan menyisir tempat -tempat keramaian,” ungkap Yuen.

Yuen Karnova mengungkapkan Perda baru Adaptasi Kebiasaan Baru ini akan disosialisasikan kepada masyarakat. Hal itu akan segera diupayakan. Pemko Bukittinggi akan melakukan hal yang sama seperti pihak TNI/Polri tersebut. “Dalam razia, sanksinya sidang di tempat. Kita akan sosialisasikan Perda AKB di Bukittinggi dalam minggu depan,” tegas Yuen. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional