Menu

Perda AKB belum Diterapkan, Alfiadi : Masih dalam Proses di Kemendagri

  Dibaca : 131 kali
Perda AKB belum Diterapkan, Alfiadi : Masih dalam Proses di Kemendagri
Alfiadi, Kepala Satpol PP Padang,

TAN MALAKA, METRO
Pemko Padang belum akan menerapkan sanksi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pasalnya perda tentang penanganan Covid-19 yang dibuat Pemprov Sumbar ini masih dalam proses di Kemendagri.

“Kita belum bisa terapkan Perda AKB sampai prosesnya final di Kemendagri,” sebut Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi, Senin (21/9).

Tanpa ada persetujuan dari Mendagri terang Alfiadi, payung hukum itu belum bisa diterapkan kepada masyarakat. Oleh karena itu, sampai perda itu benar-benar bisa diterapkan, maka Pemko Padang tetap mengacu pada Perwako Nomor 49 tentang Pola Hidup Baru Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam penerapan sanksi. Yakni berupa sanksi sosial.

“Sampai sekarang kita masih pakai sanksi sosial. Yakni berupa teguran dan membersihkan fasilitas umum,” tukas Alfiadi.

Seperti yang diketahui, Perda AKB itu kini disambut antusias oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini mengingat makin banyaknya kasus Covid-19 yang terjadi saat ini. “Banyak urang nan mati mudo kini. Antah kanai covid atau indak. Yang jelas angka kematian sekarang cukup tinggi,” sebut Joni (40) salah seorang warga.

Ia berharap, bagi warga yang belum rutin memakai masker agar segera merutinkan dan membawa masker kemana-mana. Karena jika tidak bisa kena sanksi nantinya. “Yang jelas, Perda AKB itu pasti akan diterapkan juga. Jadi bagi yang bandel-bandel ngak pakai masker, sekarang harus mulai membiasakan diri,” tandas Joni.

Warga lainnya Anton (42) juga berpendapat demikian. Sama seperti memakai helm, ia memprediksi dengan penerapan sanksi denda atau kurungan nantinya, masyarakat akan semakin patuh. “Orang kalau sudah ada yang kena sanksi denda, mereka pasti takut. Makanya saya dukung sekali kalau Perda AKB ini bisa diterapkan secepatnya,” tandas Anton. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional