Close

Percepatan Pengembangan  Destinasi Wisata, Pemkab Tanah Datar Kerja Sama dengan STP Bandung

NOTA KESEPAKATAN— Bupati Eka Putra dan pihak STP Bandung perlihatkan nota kesepakatan.

TANAHDATAR, METRO–Nota Kesepakatan Ker­ja­sama ditandatangani terkait dengan Percepatan Pengembangan Destinasi Wisata Kabupaten Tanah Datar dengan pihak Se­kolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung., Rabu (12/1) di Aula Convention Hall Gedung Mandala Wangi Lantai 2 STP Bandung.

Tujuan dilaksanakannya kesepakatan ini dalam rang­ka pengembangan sum­ber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, dan percepatan pengembangan destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar, dengan ruang lingkup penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang kepariwisataan dalam rangka peningkatan kemampuan sum­ber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif  di Kabupaten Tanah Datar.

Di dalam nota kesepakatan tersebut juga dituangkan tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak. Kabupaten Tanah Datar sebagai pihak pertama mempunyai tugas dan tanggungjawab diantaranya memfasilitasi STP Bandung dalam melakukan se­leksi calon mahasiswa, me­ngoor­dinasikan lokasi/tem­pat bagi STP Bandung da­lam rangka penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bi­dang kepariwisataan dan eko­nomi kreatif, serta men­­sosialisasikan dan mem­­promosikan pelaksanaan program pendidikan pihak STP Bandung.

Sementara STP Bandung sebagai pihak kedua mempunyai tugas dan tang­­­gungjawab untuk me­ne­­rima calon mahasis­wa ha­sil seleksi untuk me­ngikuti pendidikan, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada ma­syarakat pada bidang kepariwisataan di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Tidak sampai disitu, pihak STP Bandung juga ha­rus menyediakan data dan informasi yang diperlukan oleh Pemda Tanah Datar dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan da­lam nota kesepakatan ini kecuali data yang bersifat rahasia, mendukung program kerja Pemda Tanah Datar dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata, serta melaksanakan bimbingan teknis, kursus singkat, dan/atau diklat bidang kepariwisataan ba­gi Pemda Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya dikesempatan itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Plt. Ketua STP Bandung beserta seluruh jajarannya yang telah menerima dengan baik kedatangannya bersama rombongan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar Saya sangat berterima­kasih dan apresiasi kepada STP Bandung yang telah berkenan melakukan kerjasama dalam pengembangan kepariwisataan di Tanah Datar,” ujar Eka Putra.

Dijelaskan Bupati Eka, Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi wisata yang jumlahnya lebih 190 objek wisata. Yang meliputi wisata alam, sejarah, budaya, atraksi tradisional, kuliner juga wisata dengan minat khusus,

Sementara Plt. Ketua STP Bandung Andar Danova L Goeltom dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa kedatangan Bupati Tanah Datar bersama seluruh rombongan ke tanah Parahyangan ini me­ru­pakan sebuah kehormatan bagi pihak STP Bandung dalam menyambutnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top