Menu

Percepat Pemulihan Ekonomi, Chatib Basri Usul Bansos Diperluas

  Dibaca : 267 kali
Percepat Pemulihan Ekonomi, Chatib Basri Usul Bansos Diperluas
Chatib Basri

JAKARTA, METRO
Ekonom Chatib Basri memandang, perlu adanya perluasan bantuan sosial (bansos) untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Chatib menilai bansos dapat menjadi stimulus permintaan dalam menggerakkan perekonomian.

Menurutnya, bansos tak hanya diberikan kepada masyarakat miskin tapi juga kelompok masyarakat berpendapatan menengah ke bawah atau lower middle income. “Kalau mereka tidak ada uang, tidak ada demand,” ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (25/6).

Chatib mencontohkan, saat ini kegiatan produksi di Tiongkok sudah pulih seiring dibukanya pembatasan. Namun, tidak ada yang membeli barang karena masyarakat tidak memiliki pendapatan.

Hal tersebut akan berpengaruh pada pelaku usaha yang mendapatkan pinjaman modal atau kredit, khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jika tak ada peminat, maka keuangan usaha mereka pun ikut bermasalah, sehingga mengganggu cicilan ke perbankan.

“Untuk apa kredit jika tidak bisa produksi karena tidak ada permintaan?” ucapnya.

Chatib khawatir, setelah program restrukturisasi kredit UMKM selesai yakni kuartal-I 2021, pelaku UMKM tak memperpanjang kreditnya. Perbankan tidak dapat memberikan keringanan bunga. “Karena di perbankan, permintaan kreditnya drop,” imbuhnya.

Atas dasar itu, menurut Chatib, mendorong permintaan tidak bisa dilakukan dengan kebijakan moneter saja, tapi juga melalui fiskal. “Memberikan bantuan tunai langsung tapi itu hanya untuk kelompok miskin. Padahal yang diminta tinggal di rumah bukan hanya yang miskin. Makanya perlu ada perluasan bansos,” pungkasnya. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional