Menu

Percepat Pembangunan Sumbar, Nasrul Abit Perkuat Koordinasi Provinsi dan Kabupaten/Kota

  Dibaca : 122 kali
Percepat Pembangunan Sumbar, Nasrul Abit Perkuat Koordinasi Provinsi dan Kabupaten/Kota
DIALOG— Calon Gubernur Sumbar Nasrul Abit berdialog dengan masyarakat.

PADANG, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, melakukan safari politik di beberapa titik di Kota Padang, Selasa (3/11). Dari tempat-tempat tersebut, banyak sekali curhat, harapan, dan permintaan masyarakat.

Misalnya, perbaikan jembatan, jalan, irigasi, penyediaan fasilitas ibadah, penyediaan internet, dan perlengkapan fasilitas olahraga, hingga suntikan dana seperti bantuan langsung tunai dan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Nasrul Abit menjelaskan, kebanyakan permintaan itu kewenangannya berada di kabupaten dan kota. Karena itu, untuk mengakomodasi harapan masyarakat sekaligus menggenjot pembangunan, ia akan membentuk kerja sama dengan bupati dan wali kota jika menjadi gubernur.

“Kewenangan banyak di kabupaten dan kota. Karena itu, agar pemerintah provinsi bisa masuk, kita jalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota. Kalau terpilih, kami langsung membentuk kesepakatan ini,” ujar pria yang menjadi penyelamat perantau Minang di Wamena, Papua ini.

Nasrul Abit menerangkan, selama ini kewenangan pemerintah provinsi hanya pada bidang pendidikan (SMA, SMK, dan SLB), kelautan dan perikanan, kehutanan dan minerba. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Ke depan kami maunya bersama-sama. Bila bagus kabupaten dan kota, bagus pula provinsi. Kemudian, persoalan lain, masih banyak nagari tertinggal di Sumbar. Ini tentu harus dikeroyok agar bisa keluar dari status daerah tertinggal,” tutur NA yang disebut calon Gubernur paling populer oleh lembaga Poltracking ini.

Ditegaskan Nasrul Abit, tidak hanya kerja sama dengan kabupaten dan kota, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan perantau dan pemerintah pusat.

“Saya lebih dari empat setengah tahun berkeliling Sumbar, masuk ke pelosok-pelosok untuk mengetahui persoalan masyarakat. Karena itu, saya tahu betul persoalan mereka. Ini harus kita selesaikan bersama,” ucap Wakil Gubernur Sumbar yang sedang cuti itu.

IC ke Solsel
Sementara, calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, Indra Catri, pulang ke kampung istrinya di Koto Kaciak, Muaralabuh, Solok Selatan, Selasa (3/11). Di sana ia disambut baik oleh warga setempat. Ketika melanjutkan perjalanan ke daerah Sungai Ipuah, Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), ia dan istrinya diminta oleh masyarakat setempat untuk membangun rumah di daerah itu.

Antusiasme masyarakat Solok Selatan itu tak terlepas dari status Indra Catri yang merupakan anak menantu bagi daerah Saribu Rumah Gadang tersebut. “Kalau Pak Indra Catri terpilih jadi wakil gubernur, kami harap membangun rumah di sini,” kata warga Sungai Ipuah, Ires (65).

Ia mengatakan, di Sungai Ipuah ada tanah istri Indra Catri. Di tanah itulah mereka berharap Indra Catri membangun rumah agar ketika pulang ke Solok Selatan ia bisa tinggal atau singgah ke rumah tersebut. “Kami bangga dengan anak menantu kami yang maju dalam Pilgub Sumbar 2020 mendampingi Nasrul Abit,” ucap Ires.

Selain itu, jika pasangan nomor urut 2 nantinya terpilih, masyarakat setempat berharap Indra Catri sering pulang ke Solok Selatan untuk melihat langsung kondisi masyarakat serta kebutuhan daerah.

Indra Catri berterima kasih kepada masyarakat Solok Selatan yang telah menyambutnya dengan baik. Ia juga meminta dukungan dan doa dari masyarakat.

“Saat ini semua aspirasi masyarakat ditampung terlebih dahulu. Terkait membangun rumah di Sungai Ipuah, semoga dikabulkan Allah,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional