Menu

Perbaikan Dukungan Paslon Independen Solsel Terpenuhi

  Dibaca : 411 kali
Perbaikan Dukungan Paslon Independen Solsel Terpenuhi
Ketua KPU Solsel, Nila Puspita

SOLSEL, METRO
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solsel menyatakan, bahwa bukti dukungan perbaikan calon perseorangan bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten itu terpenuhi.

“Pasangan perseorangan Jon Mathias-Jufrial, minimal memberikan dukungan perbaikan sebanyak 7.902. Setelah dilakukan penghitungan, dari 8.542 diserahkan, sebanyak 8.238 dinyatakan memenuhi syarat untuk dilakukan verifikasi administrasi,” ujar Ketua KPU Solsel, Nila Puspita, didampingi Komisioner Divisi Teknis Wilson Chaniago, Rabu (29/7).

Dijelaskannya, setelah dinyatakan terpenuhi untuk dukungan perbaikan, maka baru bisa dilakukan verifikasi administrasi. “Hari ini (Rabu-red) mulai dilakukan verifikasi administrasi di kantor KPU. Verifikasi ini dilakukan selama 6 hari hingga 4 Agustus. Dimana petugas kami yang melaksanakannya,” ungkap Nila.

Menurutnya, dari semua dukungan perbaikan yang diserahkan, 304 dinyatakan tidak lengkap karena tidak melampirkan KTP di formulir B1. KWK, tidak mengisi formulir tersebut dan tidak menandatangi formulir.

Tapi dari kekurangan itu, bukti dukungan perbaikan yang diserahkan memenuhi syarat untuk dilakukan verifikasi administrasi, karena dari 7.902 kekurangan, terpenuhi 8.238 lembar. “Bukti dukungan perbaikan yang diserahkan memenuhi syarat untuk dilakukan verifikasi administrasi,”sebut Nila. Setelah dilakukan verifikasi administrasi selama 6 hari sampai 4 Agustus, pada 8 – 10 Agustus dilakukan penyerahan dukungan ke PPS, untuk selanjutnya dilakukan verifikasi factual.

“Verifikasi faktual dimasa perbaikan dimulai 8  Agustus hingga 16 Agustus, dimana Liaison officer (LO) atau penghubung yang menentukan lokasi untuk selanjutnya diberitahukan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing nagari untuk dilakukan verifikasi,” jelas Nila. Dikatakan, verifikasi vaktual di masa perbaikan tidak sama dengan verifikasi faktual sebelumnya, untuk perbaikan PPS tidak lagi mendatangi pendukung, tapi LO yang menentukan lokasi untuk mengumpulkan pendukung dan baru didatangi oleh PPS.

Sedangkan bagi masyarakat yang sakit dan tidak ada di tempat saat melakukan verifikasi faktual tapi masuk di formulir sebagai pendukung, bisa dilakukan melalui Video Call (VC) yang difasilitasi oleh LO. “Jika dinyatakan sakit bisa langsung dihubungi, namun jika keluar daerah untuk keperluan, yang bisa dilakukan VC adalah mereka yang memiliki surat pembuktian yang distempel oleh pemerintahan nagari,” kata Nila.

Ditambahkan, pengumuman hasil verifikasi faktual perbaikan di tingkat kecamatan dilakukan 17- 19 Agustus dan 20-21 Agustus tingkat kabupaten. Jika tidak memenuhi syarat, maka otomatis gagal karena tidak ada masa perbaikan.

“Jika dimasa perbaikan dukungan tidak memenuhi syarat dukungan minimal, otomatis gagal karena tidak ada lagi masa perbaikan. Namun jika memenuhi syarat minimal pasangan ini bisa mendaftar ke KPU sebagai Bakal Calon Kepala Daerah,” ungkap Nila. (afr)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional