Close

Perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-353 Tahun, Bersinergi dalam Pembangunan dan Bangkit dalam Keunggulan

kantor balai Kota Padang

Hari ini tepat 7 Agustus 2022. Adalah hari besar dan khusus bagi masyarakat dan jajaran pemerintah daerah Kota Padang. Dimana, hari ini menjadi hari bersejarah ka­rena Kota Padang yang telah berusia 353  tahun.

Tepat 7 Agustus 1669, Kota Padang ditetapkan menjadi kota di antara kabupaten dan kota lainnya di Sumatra Barat. Dalam perjalanan usia yang cukup panjang, banyak yang dilakukan dalam peningkatan pembangunan Kota Padang ke arah yang lebih pesat lagi.

Seperti biasanya, momen hari jadi tersebut selalu men­jadi ajang banyak agenda. Berbagai kegiatan dilaksankan mulai 7 Agustus hingga 10 Agustus 2022. Perayaan HUT kota Padang kali ini, tentunya Padang diharapkan bisa bang­kit bersama dalam mengge­rakkan ekonomi masyarakat Kota Padang.

Ada yang membedakan perayaan Hari Jadi Kota Pa­dang ke-353 tahun ini dengan perayaan-perayaan sebelum­nya. Kali ini terasa lebih spesial karena bertepatan dengan agenda Rakernas Apeksi. Di­mana, 98 wali kota se-Indonesia akan ikut merayakannya.

Perayaan HUT Kota Padang ke-353 akan dimulai dengan pelaksanaan rapat paripurna istimewa yang digelar di ge­dung Bundar DPRD Kota Pa­dang pada Minggu (7/8). Tang­gal 9 dan 10 Agustus, ada 3 agenda yang akan di gelar, yakni lomba marandang, lom­ba membuat teh talua dan pawai budaya nusantara.

“Dengan berbagai ke­giatan yang dilaksanakan dalam perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-353 tahun ini tentu akan terasa lebih spesial,” begitu kata Wali Kota Padang Hendri Septa.

Dia menjelaskan, yang membuat perayaan HUT Kota Padang ke-353 lebih spesial karena ikut dira­yakan hampir seratus wali kota se-Indonesia yang akan ikut menghadiri ke­giatan Rakernas Apeksi yang juga diagendakan 7 Agustus 2022.

“Lewat gelaran Rakernas Apeksi, diharapkan dapat menarik minat pengunjung. Ikut meningkatkan perekonomian ma­syarakat dan PAD kota,” kata Hendri Septa.

Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Padang ke-353, Dinas Pariwisata juga menyiapkan beberapa agenda kegiatan. Salah satunya Pawai Budaya Nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Ery Sandjaya mengatakan, kegiatan dalam menyemarakkan peringatan HUT Kota Pa­dang ke-353 tahun ini, dimulai 9 dan 10 Agustus 2022. Ada 3 agenda yang akan di gelar, yakni lomba marandang, lomba membuat teh talua dan pawai budaya nusantara.

Lebih lanjut Eri Sanjaya menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga melibatkan dari PHRI dan ASITA Sumatra Barat. Selain itu beberapa kegiatan yang juga digelar selama berlangsungnya APEKSI 2022 dari tanggal 7 sampai 10 Agustus 2022 adalah Indonesia City Expo 2022, penanaman pohon, peresmian tugu APEKSI, kegiatan aksi bersih pantai dan gowes.

Sementara itu, Sekda Kota Padang Andree Algamar mengatakan semua persiapan sudah dilaksanakan. Ada sekitar 700 orang yang diundang. Termasuk Gubernur Sumbar dan bupati/wali kota se Sumbar serta daerah lain karena perayaan bertepatan dengan moment Apeksi.

“Kita berharap semu­anya berjalan dengan lancar. Untuk persiapan sepertinya sudah final di DPRD Padang,” tandas Andree.

Ia menjelaskan, tema hari jadi kota Padang yang ke-353 Tahun adalah Memperkokoh Sinergi dalam Pembangunan dan Bangkit dalam Keunggulan. “Waktunya kan berbarengan dengan perhelatan Apeksi. Jadi lebih besar dan meriah daripada tahun tahun sebelumnya,” kata Andree.

Pemerintah Kota Pa­dang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada DPRD Kota Padang yang menyatakan siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV di Kota Padang selama 7-10 Agustus 2022 mendatang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani tak menampik banyak yang telah berhasil dicapai dalam pembangunan Kota Padang meski di tengah situasi pandemi yang tengah melanda.

Menurutnya, peringatan HUT Kota Padang ke-353 merupakan momentum untuk melakukan evaluasi dalam memajukan masyarakat dan Kota Padang ke depan.

Sejauh ini, kinerja pemerintah kota memang telah memperlihatkan kemajuan yang pesat dan signifikan. Hal tersebut terlihat dari berbagai pembangunan yang dilakukan. Di sisi lalin, tentu jangan sampai merasa puas, sebab masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk lebih baik lagi.

“Ini tentu menjadi momentum yang tepat, menyampaikan apa yang sudah diperbuat untuk kota ini, dan apa yang akan dilakukan ke depan, untuk melanjutkan pembangunan dan pengembangan kota sekaligus mengatasi berbagai persoalan kota,” tegasnya.

Selain itu, ia juga berharap,  dengan perayaan HUT Kota Padang kali ini, semua bisa bangkit bersama dalam menggerakkan roda pembangunan dan roda perekonomian ma­sya­rakat Kota Padang  ke arah yang lebih baik.

“Usia 353 Tahun, Kota Padang  sudah tak muda lagi, tentu harapannya ke depan Kota Padang se­makin jaya serta pemba­ngunan yang masih belum tuntas segera diselesai­kan,” kata Syafrial Kani.

Dia pun tak lupa me­ngucapkan selamat hari jadi Kota Padang. “Selamat HUT ke-353 Kota Padang dan bangkit selalu,” ujar kader Gerindra ini. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top