Menu

Perantau Silungkang Peduli Rang Kampung, 10 Ribu Bibit Ikan Kalui Dibagikan

  Dibaca : 95 kali
Perantau Silungkang Peduli Rang Kampung, 10 Ribu Bibit Ikan Kalui Dibagikan
Perantau Silungkang Peduli Rang Kampung, 10 Ribu Bibit Ikan Kalui Dibagikan

SAWAHLUNTO, METRO
Untuk alternatif usaha kelompok dalam menggerakkan UMKM di saat masa pandemik Covid-19. Ditindaklanjuti dengan merangsang tumbuh kembangnya UMKM. Para perantau Silungkang yang bermukim di Kota Padang, beberapa waktu lalu, memberikan bantuan 10.000 bibit ikan nila bagi masyarakat.

Bagi perantau Silungkang hal ini dimaksudkan agar dapat menjadi salah satu alternatif usaha, semacam UMKM dari usaha kelompok pada saat mengatasi kondisi ekonomi keluarga disaat pandemik ini.

Senin siang (5/10), para perantau Silungkang kembali menindak lanjutinya dengan mengirim bibit ikan. Pada bantuan kedua ini, bantuan diberikan berupa bibit ikan Gurame (kalui) dan diketahui, pada tahap pertama berupa 10.000 bibit ikan nila.

Pada bantuan kedua ini, secara simbolis bantuan diterima langsuang Kepala Dusun Stasiun, Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto, Ferinof Feri dari salah seorang wakil perantau Silungkang yang berada di Kota Padang. Bantuan bibit ikan gurame ini sebanyak 3000 ekor bibit, yang diperuntukan bagi kolam warga, Dusun Stasiun yang sudah didata dan kolam Uperdes desa Silungkang Tigo. Semoga melalui bantuan bibit ikan ini, dapat mengatasi dampak ekonomi akibat Covid-19.

Perantau Silungkang, yang bermukim di Kota Padang, pada bulan lalu Kamis (20/8), telah memberikan bantuan 10.000 bibit ikan nila. Bagi perantau Silungkang, hal ini dimaksudkan agar dapat menjadi salah satu alternatif usaha, dari usaha kelompok pada saat kondisi pandemik saat ini.

Untuk itulah, bibit ikan ini diberikan karena mengingat lahan yang ada di Silungkang sangat terbatas (kolam bioflok dan sungai batang lasi). Untuk bantuan bibit ikan gurame ini, langsung didistribusikan kepada beberapa warga yang mempunyai lokasi lahan, dan hal ini tentunya telah direncanakan sebelumnya.

Sementara itu, Pemko Sawahlunto akan selalu merperkuat dan mendorong pada sisi koordinasi dengan pemerintahan terdepan (desa), agar partisipasi warga dapat berguna untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan di pedesaan. Pemko akan mendorong kegiatan semacam ini, dapat menjadi tambahan atau membantu usaha ekonomi keluarga.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH sangat menyambut, baik uluran tanga berupa bantuan bibit ikan dari perantau ini. “Apa lagi dengan kondisi saat ini, kebersamaan dalam membangun sangat kita perlukan guna membangkitkan ekonomi kerakyatan pada situasi pandemi saat ini,” ungkap Walikota Deri Asta beberapa waktu yang lalu.

Deri Asta, saat kunjungan itu juga melakukan pelepasan 1.000 bibit ikan nila, bantuan Pemko Sawahlunto melalui Balai Benih Ikan (BBI) untuk kolam bioflok Kampung Panai atau tepatnya, di lokasi kolam bioflok Dusun Stasiun Kota Sawahlunto. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional