Close

Perantau Minang Motivasi Pelaku UMKM di Kota Sawahlunto

BANTUAN PELAKU UMKM— Perantau Minang yang tergabung dalam organisasi sosial Indo Jalito memberi bantuan terhadap pelaku UMKM di Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Sebanyak 10 (sepuluh) gerobak dari organisasi perantau Minang Indo Jalito Jakarta  dibagi-bagikan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM)  yang ada di Kota Arang, Kota Sawahlunto, Kamis (3/3). Indo Jalito merupakan sebuah organisasi kaum ibu pe­rantau, asal Minang yang berge­rak di bidang sosial kemasyarakatan termasuk pengembangan pendididkan, seni dan budaya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi atas ke­pedulian Indo Jalito terhadap warga masyarakat di ranah Minang, khususnya warga Kota Sawahlunto.

Deri Asta mengungkapkan,  kali ini perhatian Indo Jalito ditujukan kepada peningkatan usaha e­konomi warga, yang bergerak di bidang UMKM di Kota Sawahlunto. Mudah-mudahan bantuan ini dapat menjadi penyemangat untuk meningkatkan perkembangan eko­nomi, melalui UMKM di Kota Sa­wahlunto.

Wako Deri Asta mengatakan, sepertinya Indo Jalito sudah menjadi simbol salah satu kepedulian para perantau Minang terhadap kampung halaman. Karena, Indo Jalito telah secara rutin memberikan berbagai bantuan ke kampung halaman (kabupaten dan kota), khususnya Kota Sawahlunto. “Bahkan pada tahun 2019 lalu, Indo Jalito ikut berpartisipasi saat kegiatan SiSSCa dengan membawa perancang busana nasional serta memboyong Almrh Elly Kasim untuk menyemarakkan kegiatan SiSSCa 2019 tersebut,” ungkap Wako Deri Asta yang didampingi Sekdako Sawahlunto, Ambun Kadri ketika menerima rombongan Indo Jalito di rumah dinas (Rumdis) Walikota Sawahlunto.

Deri Asta melanjutkan, salah satu kelebihan dari masyarakat perantau Minang adalah rasa persaudaraan yang tinggi dan kuat. Walapun sudah lama hidup di pe­rantauan tapi tidak pernah lupa akan kampung halamannya di ranah Minang.

Sementara itu, Ketua Indo Jalito Peduli Jakarta, Ny Astri Asgani mengatakan, bahwa Organisasi yang dipimpinnya, sudah berdiri sejak tahun 2001dengan anggotanya saat ini tidak kurang dari 150 orang. Perkumpulan wanita Minang yang berada di Jakarta ini, utamanya bergerak di bidang so­sial, seni dan budaya.

Dikatakan Ny Astri, Indojalito Peduli untuk tahun ini, sengaja menggelar bhakti sosial guna untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19. Beberapa program bantuannya untuk kampung halaman antara lain, bantuan bedah rumah, paket sembako, gerobak bagi pelaku UMKM serta bantuan langsung lainnya,” ujar Ny Astri. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top