Close

Perangkat Nagari se-Palembayan Ikuti Pelatihan

PELATIHAN— Perangkat Nagari se-Kecamatan Palembayan ikuti pelatihan peningkatan kapasitas, di Grand Royal Denai Hotel, Rabu (26/10).

AGAM,METRO–Sebanyak 48 perang­kat nagari se-Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, ikuti pelatihan pe­ningkatan kapasitas, di Grand Royal Denai Hotel, Rabu (26/10).

Kasi PMN Kecamatan Palembayan, Novriyati menyebutkan, pelatihan digelar untuk meningkatkan pemahaman tupoksi perangkat nagari, yang dalam hal ini adalah wali jorong dan sekretaris nagari.

“Wali jorong miliki wi­layah sendiri yang berhubungan langsung de­ngan masyarakat, sehingga pelatihan ini perlu dilaksanakan dalam me­ningkatkan pemahaman,” ujarnya.

Tidak hanya itu, melalui pelatihan juga diharapkannya bermunculan i­novasi-inovasi dalam mem­berikan pelayanan pada masyarakat.

“Tentu inovasinya a­kan mendukung visi misi Pemkab Agam dalam mem­bangun daerah dari segala aspek,” tukasnya.

Pelatihan yang digelar dua hari ini, dibuka Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman, SIP, MM.

Rahman mengatakan, pelatihan ini untuk membangun mindset wali jo­rong dalam membangun nagari masing-masing.

“Kita harus berkomitmen dalam membangun nagari, karena tugas dan kehadiran kita untuk ma­syarakat,” ujarnya.

Maka di zaman globa­lisasi ini, ia minta wali jorong yang berhubungan langsung dengan ma­sya­rakat, untuk meningkatkan pola kerjanya.

“Jangan ada lagi yang menganggap Palembayan itu tidak terjangkau de­ngan pembangunan.  Pa­dahal miliki jalan nasional dan provinsi,” sebutnya.

Dengan begitu, ting­katkan pola dan kemampuan kerjanya, karena setiap nagari miliki dana desa cukup besar yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan.

“Maka kita harap wali jorong untuk menggali ilmu dalam pelatihan ini, yang nanti materinya akan disampaikan beberapa narasumber,” katanya.

Pelatihan ini diikuti 42 wali jorong dan 6 sekretaris nagari, dengan mendatangkan berbagai narasumber dari Pemkab A­gam. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top