Menu

Perang Lawan Corona, BIN Vaksinasi Ribuan Pelajar di 7 Sekolah Padangpariaman

  Dibaca : 61 kali
Perang Lawan Corona, BIN Vaksinasi Ribuan Pelajar di 7 Sekolah Padangpariaman
SUNTIK VAKSINI—Terlihat sejumlah pelajar disuntik vaksin untuk memutus penyebaran Covid-19.

PADANG, METRO–Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melanjutkan program vaksinasi bagi pelajar di 10 provinsi di Indonesia, termasuk di Su­matra Barat (Sumbar). Vak­sinasi ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jo­kowi) secara virtual.  Untuk di Sumbar, vaksinasi dilak­sanakan di SMA Negeri 1 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Sedi­kitnya 1.500 pelajar dari tujuh sekolah mengikuti vaksinasi, Kamis (19/8) yang turut dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mah­yeldi Ansharullah.

BIN Daerah Sumbar bekerja sama dengan Pe­merintah Kabupaten Pa­dang Pariaman melakukan mobilisasi para pelajar dengan menjemput ke se­kolah masing-masing. Me­reka difasilitasi dengan bus.

Pelajar dari tujuh se­kolah itu diantaranya ada­lah SMA Negeri 1 Batang Anai, SMA Negeri 2 Batang Anai, SMA Negeri 1 Enam Lingkuang, SMA Negeri 1 Lubuk Alung, SMA Negeri 1 Sicincin, SMA Negeri 2 Lubuk Alung dan SMP Ne­geri 1 Batang Anai.

“Kita menyatakan pe­rang terhadap covid-19. Jadi ini kelanjutan kemarin, vaksin akan dilakukan di seluruh wilayah Sumbar. Untuk hari ini, kita pusatkan di SMA Negeri 1 Batang Anai,” Kata Kepala BIN Daerah Sumbar, Suwondo R.B, Kamis (19/8).

Suwondo mengung­kap­kan, vaksinasi ini akan ditargetkan mencapai 5.000 pelajar termasuk masya­rakat. Khusus masyarakat, dilaksanakan secara ketuk pintu dari rumah ke rumah.  “Harapan kami, target ke­de­pannya sebanyak 5.000 dapat dicapai dengan me­nyasar masyarakat, khu­susnya pelajar di Sumbar,” jelasnya.

Sebelumnya, BIN Da­erah Sumbar telah melak­sanakan vaksinasi pertama kali pada 14 Juli 2021 de­­ngan menyasar 1.600 pe­lajar dan masyarakat. Ke­mudian 1.700 pada 12 Agus­tus 2021.  “Sekarang 1.500 pelajar dan masyarakat. Ini khususnya untuk mem­pertebal herd immunity atau kekebalan komunal bagi kelompok milenial yang tangguh,” ujar Su­wondo.

Sementara itu Gu­ber­nur Sumbar, Mahyeldi An­sharullah mengatakan, vak­­sinasi bagi pelajar di Kabupaten Padang Par­ia­man ini tentunya akan men­jadi motivasi bagi pe­lajar lainnya.  “Insya Allah, ini akan menjadi motivasi bagi siswa siswi kita untuk vaksin. Seperti dikatakan Pak Presiden, bahwasanya ketika vaksinasi di sekolah sudah maksimal maka ke­giatan pembelajaran tatap muka itu akan bisa dilak­sanakan,” katanya.

Mahyeldi mengung­kap­kan dirinya telah mela­porkan ke Presiden bahwa Sumbar telah melak­sana­kan vaksinasi sebanyak 1,3 juta lebih dosis. Pihaknya menargetkan sebanyak 3,4 juta vaksin dapat dilak­sanakan.  “Vaksin sisa 200 ribu (dosis), Insya Allah kita habiskan hari ini. Besok datang lagi. Maka dari itu bupati dan wali kota se Sumbar segera kita distri­busikan dan segera ha­biskan vaksin,” tuturnya.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden, yang dijanjikan beberapa hari lalu segera dikirim (vaksin) ke Sumbar. Tinggal lagi bagaimana permintaan instusi dan daerah yang akan mela­kukan vaksin, sehingga menjadi acuan bagi kami (pemprov) untuk meminta tambahan vaksin ke Pre­siden,” sambungnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional