Menu

Peranan Tokoh Adat Diperkuat di Kota Pariaman

  Dibaca : 45 kali
Peranan Tokoh Adat Diperkuat di Kota Pariaman
BANTUAN KUOTA— Mendikbudristek Nadiem Makarim memastikan bantuan subsidi kuota internet disalurkan mulai September 2021.

PARIAMAN, METRO–Mengembalikan fungsi dan peran tokoh adat seperti kapalo mudo dan urang tuo sebagai tokoh yang berperan ditengah-tengah kehidupan bermasya­rakat di Minangkabau khususnya Kota Pariaman.

Kemarin, Pemko Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman dan Kecamatan Pariaman Selatan gelar sosia­lisasi tugas pokok dan fungsinya.

Sosialisasi ini sendiri dilak­sanakan di aula Kantor Camat Pariaman Selatan, kemarin, yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala DPMDes, Adi Junaidi, didampingi Camat Pariaman Selatan Su­r­yadi.

Plt. Kepala DPMDes, Adi Ju­naidi, menuturkan, sosialisasi ini bertujuan untuk lebih mene­kankan kembali dan mengem­balikan tugas pokok dan fungsi kapalo mudo dan urang tuo didalam lingkungan masyarakat Kota Pariaman, khususnya  Keca­matan Pariaman Selatan.

“Kapalo mudo dan urang tuo dalam suatu daerah sangat ber­peran penting juga dalam men­cip­t­akan hubungan kekerabatan suatu kaum dan suku, serta mampu sebagai penetralisir dan tempat menyelesaikan per­soa­lan sengketa adat dalam dae­rahnya,” ujarnya.

“Sehingga nantinya, kebe­radaan kapalo mudo dan urang tuo ditengah-tengah kehidupan masyarakat tidak hanya sebagai formalitas saja, namun mampu mewujudkan pembentukan ma­mak kepala waris dalam masing-masing suku yang ada di de­sanya masing-masing nantinya, sebagai tanggung jawab moril terhadap sanak keme­ne­kan­nya,” ujar Adi Junaidi.

Sosialisasi menghadirkan narasumber yaitu Mak Katik, dari syarak H. Syamsul Bahri Khatib, yang berlangsung selama satu hari. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional