Menu

Peran Ponpes Strategis Membentuk Generasi Berakhlak

  Dibaca : 502 kali
Peran Ponpes Strategis Membentuk Generasi Berakhlak
PONPES— Sejumlah tokoh dan pejabat saat menghadiri kegiatan keagamaan di salah satu pondok pesantren di Kota Solok.

SOLOK, METRO
Pemerintah Kota (Pemko) Solok akan memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan dan kemajuan pondok pesantren (Ponpes). Peran pondok pesantren dinilai sangat penting dalam membentuk generasi yang berakhlak. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Solok, Happy Darmawan saat menghadiri milad ke 4 Pondok Pesantren Darul Thalib Laing, Kota Solok, mengatakan pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan penting yang harus didukung ditengah krisis akhlak generasi muda saat ini. Melalui Ponpes, akan terlahir generasi penerus bangsa yang berbekal ilmu agama.

“Pondok pesantren sudah menjadi pilihan utama ditengah banyaknya pilihan lembaga pendidikan saat ini. Hal itu terbukti dengan makin tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren,” ujar Happy.

Menurutnya semangat pemerintah Kota Solok dalam menjadikan Kota Solok sebagai daerah yang mengusung pembangunan keagamaan, sangat selaras dengan semangat yang diusung pondok pesantren. Jadi Pemko Solok bersama DPRD tentunya akan memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan dan pembangunan pondok pesantren di kota Solok sehingga bisa lebih maju lagi.

Apalagi lanjutnya menuntut ilmu di Pondok Pesantren adalah pekerjaan yang penuh perjuangan dan pengorbanan. Pendidikan khas keagamaan ini membentuk generasi berakhlak mulia dan berprestasi, dengan lulusan yang nantinya memiliki ilmu dan berkarakter.

“Keberadaan Ponpes, memiliki makna penting bagi anak bangsa. Lembaga pendidikan khas keagamaan ini melahirkan generasi berprestasi, dan lulusannya juga memiliki keilmuan yang memadai. Selamat Milad (ulang tahun) ke-4, semoga Ponpes Darul Thalib Laing, bertambah maju dan sukses, “ tambah Happy.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Eri Iswandi, mengatakan, semenjak lahirnya Undang Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Pengakuan legalitas Ponpes di tanah air sudah dijamin pemerintah. Lulusan pesantren sederajat dengan lulusan dari lembaga pendidikan lain.

“Terima kasih kepada pimpinan Ponpes Darul Thalib Laing, yang telah mewakafkan waktunya untuk kemajuan Ponpes, demi pendidikan agama para santri. Mari kita berikan dukungan dan bantuan, baik moril maupun materil untuk kemajuan pesantren ini,” ujar Eri.

Tampak hadir pada perayaan milad ke- 4 pondok pesantren ini, Syekh dari Yaman, Kapolres Solok Kota, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Solok, para undangan, dan keluarga besar Ponpes Darul Thalib Laing Kota Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional