Close

Peran Perempuan Menentukan Ekonomi Keluarga di Agam

PESAN-- Bupati Agam Andri Warman mengatakan peran perempuan sangat menentukan dalam menunjang peningkatan ekonomi keluarga.

AGAM, METRO–Bupati Agam Andri Warman mengatakan, peran perempuan (ibu rumah tangga) sangat menentukan dalam menunjang peningkatan ekonomi di dalam keluarga. “Maka perempuan harus bisa membantu suami untuk meningkatkan ekonomi keluarganya, melalui berbagai usaha,” ujar Andri Warman saat membuka Bimtek peningkatan ekonomi perempuan di Matur, Rabu (22/6).

Menurutnya Andri, di Kabupaten Agam khususnya Matur banyak potensi usaha yang bisa dikembangkan untuk jadi penunjang ekonomi keluarga oleh kaum perempuan. “Salah satunya mengolah makanan, apalagi Matur ini sentra Labu di Agam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan kuliner,” ujar bupati.

Belum lagi usaha lainnya seperti gula tebu, karena ini selain bisa meningkatkan ekonomi, juga dapat pertahankan tradisi yang pembuatannya secara tradisional. Dengan begitu, Bimtek pening­katan ekonomi perempuan yang digelar Pemprov Sumbar melalui dana Pokir anggota DPRD Sumbar, Lazuardi Erman itu diharapkannya dapat mening­katkan pengetahuan pelaku usaha rumahan di Agam khususnya Matur.

“Terimakasih kita sampaikan pada bapak Lazuardi Erman, yang telah mengalokasikan pokirnya untuk pelaksanaan bimtek ini,” ucapnya. Untuk itu, ia berharap peserta agar mengikuti bimtek dengan baik dan menerapkannya dalam mengembangkan usaha.

Sementara itu, anggota DPRD Sumbar, La­zuardi Erman mengatakan, untuk Agam bimtek digelar sebanyak 40 angkatan, khusus Matur katanya digelar 3 angkatan yang masing-masing­nya peserta 25 orang.

Diharapkannya kegiatan ini sinkron dengan program Pemkab Agam dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. “Ini wujud kita sebagai wakil rakyat untuk meningkatkan ekonomi masya­rakat ke depan,” sebut Lazuardi.

Maka ia meminta pelaku usaha rumahan ini agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, supaya apa didapat bisa diterapkan dalam mengembangkan usahanya.

“Terapkan apa yang dipelajari dalam pelatihan ini, supaya bisa berikan manfaat untuk peningkatan ekonomi keluarga, sehingga ke depan lahir pelaku UMKM handal di Matur ini,” pesan Lazuardi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top