Menu

Peran Penting Pemerintah Daerah, Peredaran Narkoba Mengkhawatirkan

  Dibaca : 90 kali
Peran Penting Pemerintah Daerah, Peredaran Narkoba Mengkhawatirkan
WEBINAR—Terlihat peserta webinar melalui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI dalam rangka pemerintahan desa mewujudkan desa bersinar.

POLIKO, METRO–Melalui Direktur Jen­deral Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI gelar webinar dalam rangka pemerin­tahan desa mewujudkan desa bersinar pada Rabu (23/6). Acara yang di­se­leng­garakan secara virtual ini merupakan tindak lanjut untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih dari narkoba (Ber­sinar).

Webinar yang dihadiri oleh seluruh camat, lurah/kepala desa, Kesbangpol, BNNK se-Indonesia ini dibuka langsung oleh Di­rektur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Dr. Yusharto Huntoyungo, M. Pd. Dalam sambutannya, Yusharto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pengua­tan pencegahan dan pem­berantasan penyalah­gu­naan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN).

“Selain penguatan P4­GN terhadap pemerintah daerah dalam mewu­jud­kan program BERSINAR, giat ini juga dalam rangka menindaklanjuti instruksi presiden nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi P4GN tahun 2020-2024,” terang Yusharto.

Dirjen Bina Pemdes itu juga mengungkapkan bah­wa saat ini peredaran narkoba di Indonesia sa­ngat mengkhawatirkan, dan dalam hal ini tentu diharapkan peran serta pemerintah daerah agar menyikapinya dengan se­rius.

“Dan dengan ini saya himbau kepada seluruh pemerintah daerah agar dapat memperkuat dan mempererat lagi siner­gitas bersama masyara­kat agar dapat mewujud­kan kelurahan/desa BE­R­SI­NAR dengan cepat,” harap Yusharto.

Di sela webinar ber­lang­sung, kepala kantor Kesbangpol kota Paya­kumbuh Budhy Darma Permana sampaikan kepa­da media jika kota Paya­kumbuh sebelumnya su­dah komit untuk mewu­judkan program kelu­ra­han/desa BERSINAR di kota Payakumbuh.

“Alhamdulilah, Pemko Payakumbuh sebelumnya sudah menyatakan komit­men dalam mewujudkan kelurahan BERSINAR ini. Dimana dari total 47 kelu­rahan di kota Payakum­buh, sudah separuhnya telah dikukuhkan sebagai kelurahan BERSINAR,” ungkap Budhy.

Tidak sampai disitu, Kepala Kesbangpol itu berharap kedepannya se­lu­ruh kelurahan di kota Payakumbuh dapat men­jadi kelurahan BERSINAR.

“Dan tentunya dalam mewujudkan kelurahan BERSINAR ini, sangat di­bu­tuhkan peran serta ma­syarakat yang lebih aktif lagi terhadap pencegahan dan pemberantasan nar­ko­ba, serta memper­mu­dah aparat kepolisian d­e­ngan memberikan infor­masi terkait adanya pe­nyalahgunaan barang ha­ram tersebut,” ucap Bu­dhy.

“Tentunya dalam se­tiap kegiatan kita, perlu sekali peran serta dari masyarakat, kita tidak mungkin bekerja sen­diri, kita juga perlu pe­ran ma­sya­rakat untuk mem­be­rantasnya,” lan­jutnya.

Budhy menambahkan jika pemerintah kota Paya­kumbuh sangat berterima kasih kepada seluruh ele­men masyarakat, serta instansi terkait, yang turut ikut terlibat dalam men­dukung mewujudkan program kelurahan BER­SI­NAR di kota Payakumbuh. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional