Close

Peran Guru Penting Bentuk Karakter Anak Usia Dini

Refresher Training untuk Guru— Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi foto bersama saat menghadiri acara Refresher Training untuk Guru Paud dan TK oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) Semai Benih Bangsa ( SBB) Sumbar.

BUKITTINGGI, METRO–Peran seorang guru sangat penting untuk membentuk karakter anak memiliki akh­lakul karimah, yang sesuai dengan nilai nilai kearifa lokal. Kemudian, memiliki nilai nilai adat budaya dan agama.

“Kemudian agar perilaku anak bisa mencerminkan kehidupan yang berwibawa dan memberikan cerminan di tengah-tengah masyarakat agar berguna bagi orang tua nusa dan Bangsa,” ungkap Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi saat menghadiri acara Refresher Training untuk Guru Paud dan TK oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) Semai Benih Bangsa ( SBB) Sumbar di aula Balaikota, Selasa (10/5)

Marfendi menjelaskan, seorang guru sangat menentukan bagaiman sifat dan prilaku seorang anak murid nanti­nya banyak ilmu yang diajarkan sang Guru, Baik Ilmu Formal maupun non formal mereka mampu mengkombinasikan semuanya agar menghasilkan generasi emas untuk NKRI nantinya.

Jika anak anak kuat dengan hafalan-hafalan tentu akan mencetak generasi berinovasi dan berkarya. Apalagi berlandasan Al-Quran dan Hadist tentu karakter mereka akan terbentuk sendiri nantinya

Marfendi meminta, kepada orang tua jangan lepas tangan seketika anaknya sudah dise­rahkan kepada sang guru. Sebab peran orang tua dirumah juga penting sekali,agar pergaulan anak anak tersebut tidak salah jalur nantinya

“Jika ingin menghasilkan generasi emas tentu tidak terlepas dari asupan semua lini. Mulai dari pola makan yang bergizi yang tepat peran guru Paud, TK serta orang tua dan lingkungan sekitar. Jika semua lini peduli untuk generasi pe­nerus bangsa insyallah apa yang kita cita-ciptakan akan terwujud dengan sempurna,” ujar Marfendi.

Kalau dilihat tantangan untuk mereka ke depanya lebih berat dari pada saat seka­rang,sebab semua negara berlomba-lomba mencetak generasi yang profesional dan handal dari segala bidang

Makanya mulai dari seka­rang  tidak boleh lengah untuk mutu pendidikan mereka agar jangan sampai ketinggalan. Pemko Bukittinggi mengupayakan ilmu yang sesuai Adat Basandi syarak,syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), sehingga ketika mereka sudah dibekali dengan ilmu yang bermanfaat tentu keimanan dan ketaqwan meraka akan terbentuk nantinya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan (Dsidikbud) Kota Bukittinggi Melfi Abra menuturkan, memang karakter anak harus dari dasar harus dimulai dibekali terutama dari Paud dan TK

“Ketika usia dini mereka sudah kita ajarkan kepada mereka ilmu pengetahuan serta keagamaan tentu ilmu akan terpatri di dalam hati mereka. Sebab, pada usia dini bagaikan flashdisk kosong yang mudah mengisinya,” kata Marfendi.

Patut dipahami Paud dan TK akan memperbaharui 80 persen karakter mereka.untuk itu kepada Guru Paud dan TK diwanti wanti jadilah guru yang berkualitas. Sebab ketiak sorang guru itu berkualitas maka akan mempengaruhi karakter para pelajar nantinya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top