Menu

Perampokan Modus Kempes Ban Marak, Bawa Uang Tunai, Warga harus Waspada

  Dibaca : 295 kali
Perampokan Modus Kempes Ban Marak, Bawa Uang Tunai, Warga harus Waspada
Ilustrasi

M YAMIN, METRO – Dalam sepekan terakhir, dua kejadian perampokan dengan modus kempes ban terjadi di Kota Padang. Masing-masing terjadi di Padang Selatan serta Padang Utara. Dari kedua kejadian tersebut, korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan meminta warga agar selalu hati-hati dan waspada apabila membawa uang tunai dalam jumlah besar, karena banyak modus pencurian barang-barang yang ada di dalam mobil makin beragam.

”Salah satunya adalah dengan pura-pura memberitahu ban mobil yang digunakan oleh pengendara mobil kempes. Kemudian para pencuri mengambil barang-barang di dalam mobil,” ujarnya.

Ia menambahkan, modus ban kempes ini kerap terjadi, para pelaku pencurian biasanya lebih dari satu orang. Pelaku pencurian biasanya naik motor dan memberi isyarat dengan menunjuk-nunjuk ban mobil sambil memberi tahu kalau ban mobil yang dikendarai kempes. Sedangkan rekannya menunggu sampai mobil itu menepi dan pengendaranya keluar.

”Pengemudi mobil biasanya langsung menepikan kendaraannya dan langsung turun untuk mengecek kondisi ban mobilnya, para pengendara biasanya tidak mengunci pintu kendaraannya saat turun. Kelengahan ini lah yang dimanfaatkan komplotan pencuri yang sudah menunggu pengemudi keluar,” ungkapnya.

Kombes Pol Yulmar memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya pencurian dengan modus ban kempes. Diantaranya yaitu, jangan menaruh barang berharga seperti laptop, tas atau dompet di atas jok yang mengundang perhatian pelaku.

”Tetap waspada dan jalan terus sekalipun pengendara motor mengetuk kaca mobil Anda berkali-kali, Cari tempat yang ramai untuk memberhentikan kendaraan dan memeriksa ban mobil anda. Usahakan untuk menggantinya di kantor polisi atau bengkel terdekat, serta jangan lupa selalu mengunci pintu mobil walaupun hanya keluar sebentar,” imbaunya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional