Close

Peraih Emas ASEAN Para Games dari Surabaya dapat Beasiswa Sampai Lulus

Jagoan Para Atletik Indonesia Firza Faturrahman Listyanto sukses meraih emas pada ASEAN Para Games 2022 di Solo.

SURABAYA, METRO–Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan apresiasi berupa beasiswa bagi Firza Faturahman Listianto.

Atlet kelahiran Surabaya, 21 Mei 2004, itu baru saja menyabet medali emas atletik ASEAN Para Games nomor 100 meter putra kelas T46.

Firza, yang kini duduk di bangku kelas XII SMA, bakal mendapat beasiswa kuliah S-1 sampai lulus dari Unesa. Menurut Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan MKes, beasiswa tersebut merupakan bentuk komitmen kampus yang ramah penyandang disabilitas.

’’Di sisi lain juga sebagai komitmen kami dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional,’’ kata Nurhasan.

Sebelum ASEAN Para Games, Firza juga pernah berprestasi di Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019. Saat itu dia meraih tiga medali emas. Dia juga menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021.

Bagi Firza, emas di ASEAN Para Games kali ini tampak spesial. Sebab, dia sebenarnya tidak diunggulkan karena tidak termasuk atlet elite.

’’Firza tidak ada di lintasan terbaik atau berada di lintasan delapan. Namun, dia tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara,” ucap Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Dwi Cahyo Kartiko.

Terlepas dari itu, Cahyo berharap beasiswa dari Unesa bisa memberi semangat lebih kepada atlet penyandang disabilitas.

’’Semoga apresiasi dari Unesa bisa memotivasi para atlet dalam menorehkan prestasi dan membanggakan daerah dan Merah Putih di kancah internasional,” imbuh Cahyo. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top