Menu

Penyusunan RPJMD Kota Solok dengan Memperhatikan Berbagai Hal

  Dibaca : 122 kali
Penyusunan RPJMD Kota Solok dengan Memperhatikan Berbagai Hal
SERAHKAN—Wakil Wali Kota Solok Rahmadhani Kirana Putra saat menyerahkan nota penjelasan RPJMD di DPRD Kota Solok kepada pimpinan dewan.

SOLOK, METRO–Dalam mewujudkan si­nergitas perencanaan baik antar wilayah maupun an­tar sektor, maka penyusunan RPJMD Kota Solok mesti memperhatikan ba­nyak hal. Dan untuk Kota Solok sendiri penyusunan RPJMD, diakui Wali Kota Solok, Zul Elfian telah memperhatikan, dokumen pe­rencanaan lainnya baik di lingkup Kota Solok sendiri berupa RPJPD dan RTRW, maupun keterkaitannya dengan daerah sekitarnya serta Provinsi dan Nasio­nal.

“Demikian pula RPJMD ini akan akan menjadi a­cuan oleh perangkat dae­rah di lingkungan Pemko Solok untuk menyempurnakan Draft Rencana Stra­tegis (RENSTRA) perang­kat daerah. Secara hakikatnya dokumen Rancangan Akhir RPJMD Kota Solok tahun 2021-2026, bermula dari identifikasi permasalahan pembangunan dan perumusan isu-isu strategis dirumuskan visi dan misi Pemko Solok untuk dicapai 5 (lima) tahun ke depan,” ujar Zul Elfian, kemarin.

Menurutnya, isu-isu stra­tegis Kota Solok diidentifikasi berdasarkan permasalahan serta tantangan dan peluang yang a­kan dihadapi bersama ke depannya. Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pemprov Sumbar lanjutnya, tentu isu-isu strategis pembangunan nasio­nal dan provinsi juga perlu diperhatikan.

Bahkan, mengamati dinamika perkembangan glo­bal yang sangat cepat akhir-akhir ini, serta berbagai kondisi yang ber­kem­bang termasuk perkem­bangan penanganan Co­vid-19, Zul Elfian menilai, tentunya dinamika global juga harus diperhatikan dan diantisipasi. Dalam pelaksanaan pembangu­nan daerah Kota Solok lima tahun kedepan,ada bebe­rapa aspek yang perlu mendapatkan perhatian dalam mewujudkan Kota Solok yang lebih baik.

Senada dengan itu, Wa­kil Walikota Solok, Rama­dhani Kirana Putra dalam penyampaian Nota menjelaskan di DPRD Kota Solok mengatakan, tersusunnya rancangan akhir RP­JMD telah melalui suatu proses yang panjang mulai dari konsultasi publik, kesepakatan rancangan awal dengan DPRD, konsultasi dengan Provinsi Sumbar, Musrenbang R­PJMD dan sinkronisasi dan harmonisasi dengan Kemenkumham Kanwil Sumbar.

Demikian pula materi yang tercantum dalam dokumen ini telah disesuaikan dengan arahan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.86/2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta tata cara perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pem­bangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Dalam melaksanakan misi pemerintah daerah lanjutnya, maka ditetapkanlah 5 tujuan dan 14 sasaran. Selain itu ada 50 strategi, 124 arah kebijakan pembangunan yang akan diimplementasikan melalui 64 Program Prioritas yang akan dilaksanakan OPD di lingkungan Pemko Solok.

Dalam pencapaian Visi dan Misi Kota Solok tahun 2021-2026 tersebut, maka prioritas pembangunan dititik beratkan untuk tetap melanjutkan program yang belum sepenuhnya dapat dilaksanakan dan dicapai pada tahun 2016-2021 serta disinkronkan dengan prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam RPJM Nasional tahun 2020-2024 dan memperhatikan arah kebijakan RPJPD Pro­vinsi Sumbar tahun 2005-2025. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional