Close

Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2024, KPU Usulkan Anggaran Rp61 Miliar

PASBAR,METRO–Komisi Pemilihan U­mum Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengusulkan anggaran untuk pe­nyeleng­garaan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2024 senilai Rp61 miliar. ”Itu usulan kita sampaikan ke Pemkab Pasbar, dan belum pasti berapa disetujui,” kata Ketua KPU Pasbar, Alharis di Simpang Empat kemarin.

Ia mengatakan jika pe­ngusulan anggaran Pemi­lihan Umum Kepala Dae­rah itu disetujui maka terjadi peningkatan pelaksanaan Pilkada 2020 yang hanya Rp25, 4 miliar. Menurutnya kenaikan kebutuhan anggaran Pilkada 2024 itu dipicu oleh sejumlah faktor yang mempengaruhinya. Selain kenaikan honorarium penyelenggara badan adhock juga ada kemungkinan ada penambahan Tem­pat Pemungutan Suara (TPS) dan kemungkinan lebih lebih dari satu pasa­ngan calon perseorangan.

”Khusus untuk tahapan calon perseorangan memang dulu dilakukan. Kita memperkirakan maksimal lima pasang calon perseo­rangan sehingga butuh anggaran yang besar. Sebagai antisipasi saja,” ka­tanya.

Meskipun anggaran itu telah diusulkan, pihaknya belum bisa memastikan berapa anggaran yang di­setujui dan belum ada pem­­bahasan dengan pihak Pemkab Pasbar. Kebu­tu­han anggaran itu, katanya tentu akan disesuaikan untuk mendukung kesuk­se­san pelaksanaan Pilkada 2024. Sedangkan untuk pe­laksanaan Pemilihan U­mum Legislatif ang­garan­nya masih menunggu dari KPUpusat
”Un­tuk tahapan Pemilihan Umum Legislatif telah di­mulai dengan persiapan aturan atau regulasi yang ada,” katanya. Sedangkan untuk tahapan Daftar Pe­milih Berkelanjutan tetap berjalan dan kemungkinan sampai bulan ini. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top