Menu

Penyaluran CSR PT Semen Padang; Wujudkan Batugadang yang Mandiri

  Dibaca : 1104 kali
Penyaluran CSR PT Semen Padang; Wujudkan Batugadang yang Mandiri
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghadiri Acara Puncak Hari Nusantara 2019 di Pantai Gandoriah, Pariaman, Sabtu (14/12). Foto: IST
CSR Semen Padang

KABIRO Humas PT Semen Padang Iskandar Z Lubis yang dulu menjabat sebagai Kabiro CSR bersama tim Forum Nagari Kelurahan Batugadang melihat usaha Kelompok Tani Ternak Kambing ”Saiyo” di Ngalau Baribuik, Batugadang, sebagai salah satu binaan CSR Semen Padang.

PADANG, METRO–Kepedulian PT Semen Padang (PT SP) membantu perekonomian masyarakat terus dibuktikan dengan berbagai program dan bantuan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Padang, perusahaan BUMN terbesar di Sumbar ini menyalurkan bantuan untuk penguatan perekonomian masyarakat yang mandiri.

Saat ini, program CSR adalah strategi bagi PT Semen Padang untuk terus tumbuh dan berkembang. Semen Padang yakin dan paham bahwa untuk tumbuh dan berkembang, sebuah perusahaan harus fokus secara seimbang kepada tiga hal, yaitu 3P— profit (laba), people (masyarakat), dan planet (lingkungan hidup). Karena itu, strategi CSR PT Semen Padang yakni,

”Basinergi Mambangun Nagari” juga memiliki empat pilar program yaitu, Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari.

Perhatian khusus terutama diberikan Semen Padang untuk ring I— yang berada di dekat pabrik. Salah satunya Kelurahan Batugadang. Dengan terbentuknya Forum Nagari di 7 Kelurahan di Kecamatan Lubukkilangan, sejak 2015 lalu maka penyaluran bantuan CSR makin terarah dan berasal dari masyarakat Batugadang. Kepedulian itu ditunjukkan dalam bentuk nyata, dengan membina Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Kecil Koperasi (UKK) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Program Bina Lingkungan, dan Program CSR Non-PKBL.

Sejak CSR diberikan berbagai bantuan sudah disalurkan untuk masyarakat Batugadang. Hingga 2016, bantuan sebesar Rp3,5 miliar (Program Kemitraan) disalurkan untuk Batugadang. Angka sebesar Rp3,5 miliar itu, belum termasuk bantuan lainnya berupa pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana seperti jalan, masjid dan mushalla serta bantuan rutin sebesar Rp300 juta pertahun yang disalurkan melalui Forum Nagari Kelurahan Batu Gadang.

”Untuk pembangunan dan renovasi masjid dan mushalla di Batu Gadang pada 2015 kemarin, CSR Semen Padang telah membantu anggaran renovasi Masjid Ilmul Yaqin, Masjid Nurul Hidayah dan Mushalla Mutaklimin, Jalan Manunggal Batugadang. Masing-masing masjid dan mushalla itu dibantu sebesar Rp200 juta,” kata Kabiro CSR PT Semen Padang Dasril.

Selain bantuan masjid, bantuan rutin di luar Forum Nagari Batu Gadang juga disalurkan oleh CSR. Diantaranya, beasiswa, bantuan sapi kurban, penguatan modal bagi pelaku UKM, serta bantuan kerjasama Semen Padang. ”Kita juga membantu pembangunan renovasi jembatan dan jalan menuju SMA 14. Serta pembuatan jembatan baru ke SMA 14 yang berada di Kelurahan Batugadang,” jelas Dasril.

Sementara Kabiro Humas Semen Padang Iskandar Z Lubis menjelaskan, Forum Nagari dibentuk dan dirintis oleh PT Semen Padang, agar bisa memaksimalkan program-program CSR Semen Padang. Termasuk untuk wilayah Batugadang. ”Jika sebelumnya kita memberikan bantuan tersebut berdasarkan persepsi kita (perusahaan), dari hasil survei kita, tentu ke akuratannya kurang, dibandingkan mereka sendiri yang tahu butuh apa,” jelasnya.

Forum Nagari akan membuat perencanaan, melakukan pengawasan dan mengevaluasi program-program pemberdayaan di lingkungan sekitar. Melalui pembentukan lembaga ini, diharapkan program-program yang dilakukan Biro CSR di lingkungan masyarakat sekitar lebih tepat sasaran, terutama program yang sifatnya pemberdayaan, bukan program-program yang sekadar dibantu dan sudah selesai begitu saja.

”Harus kita akui masyarakat Batugadang unik. Karena itu dengan terbentuknya Forum Nagari Batugadang, tidak hanya sekedar mengolah bantuan dari Semen Padang, namun juga bisa membangun sistem komunikasi di masyarakat sendiri sistem pengawasan terhadap program-program yang ada. Dengan terbentuknya Forum Nagari Kelurahan Batugadang, kita semakin bisa memaksimalkan dana CSR yang memang terbatas. Inilah yang terus dilakukan Semen Padang,” ungkap Iskandar. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional