Menu

Penyaluran Beras Sering Terhambat, Bulog Pertimbangkan Bangun Gudang di Mentawai

  Dibaca : 139 kali
Penyaluran Beras Sering Terhambat, Bulog Pertimbangkan Bangun Gudang di Mentawai
Tommy Despalingga

PADANG, METRO
Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Barat pertimbangkan rencana untuk membangun gudang beras di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Mengingat penyaluran beras ke pulau yang terkenal dengan keelokan pariwisata itu sering terhambat, apabila cuaca kurang bersahabat.

“Mentawai memang haruslah dibangun gudang di sana untuk pengembangan Bulog ke depan. Karena itu juga kebutuhan kita,” ucap Kepala Bulog Divre Sumbar, Tommy Despalingga, Selasa, (20/10).

Tommy menjelaskan, apabila cuaca sedang badai, otomatis pengangkutan beras menjadi terhambat. Belum lagi kapal pengangkut barang ke sana tidak setiap hari beroperasi, sehingga penyaluran beras acap kali terlambat ke Mentawai.

“Mentawai itu masalahnya angkutan. Kalau badai, beras juga tertunda diangkut ke sana. Belum lagi biaya distribusi mahal dan kapal juga tidak setiap hari beroperasi. Kalau sudah ada gudang, semua itu tidak terpegaruhlah untuk kebutuhan masyarakat Mentawai,” jelasnya.

Untuk kebutuhan gudang di wilayah Sumbar daratan ini sebut Tommy, sudah cukup. Pasalnya 11 unit gudang yang tersebar di beberapa kabupaten/kota sudah beroperasi sejak lama.

Ia mengungkapkan, ke-11 unit gudang yang mendekati daerah produksi. Seperti di Kota Padang ada dua unit, Pesisir Selatan ada satu unit, di Bukittinggi ada lima unit, Pasaman ada satu unit, serta Manggopoh Agam satu unit.

“Mungkin untuk saat ini gudang bisa handel semua stok beras, karena program pemerintah berskala besar belum ada. Kalau ada penyaluran raskin dan bansos yang merupakan kebijakan pemerintah pusat, memang tidak cukup gudang,” terangnya.

Kemudian, lanjut Tomy, apakah Bulog Sumbar akan menambah gudang baru, Tommy menjawab bisa saja. “Kalau ada kebijakan dari pusat, mungkin juga bisa kita bangun gudang baru di Sumbar daratan ini,” tandasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

<span class="blue2 bdrblue">Fanpage</span> <span class="red">Facebook<span>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional