Close

Penyaluran BBM Meningkat, Satgas Pertamina Cek Kesiapan SPBU

PERIKSA— Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina Branch Sumbar melakukan pemeriksaan kesiapan salah satu SPBU. (banua siregar/posmetro)

VETERAN, METRO – Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina Branch Sumbar melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan SPBU dalam penyaluran dan pelayanan pada konsumen. Pengecekan itu dilakukan mengingat konsumsi BBM di Sumbar selama bulan Ramadhan 1440 H hingga pasca lebaran akan mengalami kenaikan.

Tim Satgas Rafi yang terdiri dari sales executive retail, petugas quality control dan general service, melakukan pemeriksaan berkala setiap minggu. Sejauh ini sembilan SPBU di wilayah Kota Padang telah dikunjungi. Tim memeriksa kelancaran penyaluran dan kualitas BBM, akurasi dispenser, serta layanan konsumen seperti mushalla dan toilet.

Sales Executive Retail Pertamina, Andi Arifin mengatakan, pemeriksaan ini dilaksanakan selama masa Satgas secar rutin untuk memastikan semua SPBU yang akan melayani kebutuhan BBM masyarakat. Apalagi dari hasil prediksi, kebutuhan BBM akan meningkat selama bulan Ramadhan hingga pasca lebaran nantinya.

“Hasil pemeriksaan terhadap kesiapan SPBU secara umum kami temukan cukup baik. Tetapi, tetap ada instruksi kepada SPBU untuk perbaikan pada beberapa hal. Untuk stok dipastikan mencukupi,” ungkap Andi Arifin.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, mengatakan kenaikan konsumsi BBM yang terjadi sudah diprediksi dan disiapkan. Sejak awal Mei, pihaknya mencatat kenaikan penyaluran Premium di wilayah kota Padang sebesar 42 persen. Yaitu 342.000 liter per hari dibanding kondisi normal 240.000 liter per hari.

“Sedangkan konsumsi Biosolar di Kota Padang mengalami penurunan 3 persen dibanding konsumsi normal. Atau sejumlah 180.000 liter per hari, dibanding konsumsi normal 186.000 liter per hari. Untuk wilayah Sumbar, tercatat lonjakan konsumsi Premium sebesar 47 persen. Sebanyak 1,5 juta liter per hari disalurkan sejak Mei, dibanding konsumsi normal 1,01 juta liter per hari. Konsumsi Biosolar juga menunjukkan kenaikan 1 persen atau setara Rp1,2 juta liter per hari,” kata Roby.

Roby menjelaskan, Pertamina mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dengan menyiagakan Terminal BBM (TBBM) dan armada mobil tangki. Stok yang tersedia di TBBM Teluk Kabung Sumbar, mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai 15 hari ke depan.

“Kami menyiapkan 184 armada mobil tangki berikut 19 unit tambahan untuk distribusi ke SPBU. Selain itu kami menyiapkan dua SPBU kantong di Kabupaten Agam dan Lima Puluh Koto,” pungkas Roby.

Sebagai bagian dari program Pertamina Berbagi, di sembilan SPBU wilayah Sumbar dibagikan takjil gratis bagi konsumen dan warga sekitar. Pertamina branch Sumbar juga melakukan bedah mushalla di SPBU 13.251.503 Kuranji. Meliputi perbaikan fasilitas, kebersihan dan penyediaan perlengkapan ibadah. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top