Menu

Penutupan HKG PKK Nasional ke-47 Meriah, Gubernur Sumbar: Terima Kasih atas Pengabdian seluruh Kader PKK

  Dibaca : 129 kali
Penutupan HKG PKK Nasional ke-47 Meriah, Gubernur Sumbar: Terima Kasih atas Pengabdian seluruh Kader PKK
IRWAN PRAYITNO, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Nevi Irwan Prayitno, Wartawati Nasrul Abit bersama pengurus TP PKK Sumbar

PENUTUPAN Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) tingkat nasional ke-47, Sabtu malam (27/7) di RTH Imam Bonjol berlangsung meriah. Jelang malam penutupan, atraksi tari tradisional dari Sumbar dan daerah lainnya, menghibur undangan dan pengunjung yang hadir. Bahkan ketika pertunjukan atraksi tari jogi yang merupakan tari tradisional dari Kota Batam tampil, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno ikut joged lambak atau menari bersama para penari dari Sanggar Wan Sendari.

Penutupan HKG PKK tingkat nasional ke-47 malam itu, juga diisi dengan dengan penyerahan bantuan sosial, bagi kader-kader PKK yang kurang mampu. Selain itu, juga diumumkan pemenang berbagai perlombaan. Seperti, lomba stand pameran terbaik selama penyelenggaran HKG PKK tingkat nasional ke-47, lomba marandang dan lomba fashion show baju adat terbaik. Pengumuman pemenang lomba ini dibacakan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang berkesempatan menutup HKG PKK tingkat nasional ke-47 malam itu, menyampaikan apresiasi atas pengabdian seluruh kader PKK kepada keluarga dan masyarakat. Untuk mengatasi masalah peningkatan kesejahteraan keluarga, menjadi tanggungjawab semua komponen masyarakat. Tentunya, dalam hal ini, yang paling berperan aktif adalah PKK, sebagai mitra pemerintah dalam hal kesejahteraan dan ketahanan keluarga.

“Saya berharap organisasi ini mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan memberi contoh nyata menciptakan kerukunan keluarga dan lingkungan. Semoga kekompakan ini terus terjalin untuk PKK lebih maju,” ucap Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menilai, untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga, kader PKK mengabdi melalui 10 Pokok PKK. “Salah satu bentuknya adalah dengan menciptakan kreasi dan inovasi yang dilaksanakan oleh PKK semata-mata dalam membawa kualitas hidup keluarga menjadi lebih baik dan sejahtera, sehingga kita semua patut berterimakasih kepada seluruh kader PKK,” ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta HKG PKK. Terutama yang berasal dari luar Provinsi Sumbar, karena sudah beramai-ramai datang ke Kota Padang.

“Kehadiran peserta HKG PKK se-Indonesia ini menjadi sebuah kebanggan bagi kami. Semoga menjadi hal yang selalu dapat dikenang,” ungkap Irwan Prayitno.

Penutupan HKG PKK ke-47 dihadiri Ketua Umum Tim Penggerak (TP)-PKK, Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Wakil Ketua TP PKK Sumbar, Wartawati Nasrul Abit, Ketua TP PKK Provinsi se-Indonesia, Forkopimda Sumbar, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota se-Sumbar serta Bupati dan Walikota se-Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, pemberdayaan dan pembinaan terhadap keluarga melalui kader-kader PKK sangatlah penting dalam mengerakan ekonomi. Di mana kehidupan keluarga merupakan salah satu tonggak kemajuan bangsa. Meski secara seremoni acara HKG-PKK telah usai dilaksanakan, ke depannya masih ada tanggung jawab yang besar. Menurutnya, hadirnya HKG PKK sangat positif. Di mana melalui HKG PKK ini, dapat menampilkan seluruh aspek kehidupan keluarga yang bisa diberdayakan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno mengucapkan terimakasih kepada seluruh TP PKK se Indonesia yang sudah hadir ke Sumbar untuk memeriahkan HKG PKK Nasional 2019. “Semoga HKG PKK kali ini menjadi yang terbaik, dan semoga kita semua bisa bertemu kembali pada pelaksanaan HKG PKK selanjutnya di Kalimantan Timur” sebutnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Syafrizal mengatakan, kegiatan HKG PKK diawali dengan pameran produk UP2k PKK pada Rabu (24/7). Kemudian juga ada lomba simulasi 10 program PKK, gala dinner dan penyerahan hadiah kepada pemedang lomba.

Selanjutnya, Kamis (25/7) Juli puncak peringatan HKG-PKK ke 47, jamuan makan bajamba, lomba bermain peran 10 program PKK dan fashion show baju adat dari seluruh daerah di Indonesia. Berikutnya, Jumat (26/7) diadakan seminar nasional PKK, dan festival memasak rendang. Terakhir, Sabtu (27/7) usai penutupan HKG-PKK, dilanjutkan dengan kegiatan widyawisata. Para tamu dan undangan berwisata ke Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan dan ke Kota Bukittinggi.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional