Menu

Penumpang Kapal Padang-Mentawai Wajib Ikuti Tes Swab

  Dibaca : 202 kali
Penumpang Kapal Padang-Mentawai Wajib Ikuti Tes Swab
KAPAL MENTAWAI— Pemkab Mentawai mewajibkan tes swab RT-PCR bagi penumpang kapal Padang-Mentawai saat libur panjang akhir Oktober hingga awal November mendatang.

MENTAWAI, METRO
Pemkab Kepulauan Mentawai mengeluarkan aturan wajib swab tes RT-PCR bagi penumpang kapal Padang-Mentawai saat libur panjang akhir Oktober hingga awal November mendatang. Ketentuan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Kepulauan Mentawai No: 360/505/ Bup-2020 tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 Bagi Pelaku Perjalanan ke Wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Untuk menghadapi momen libur panjang serentak Oktober tahun ini, di masa Pandemi Covid-19, Pemerintah pusat hingga Kabupatan mengeluarkan surat edaran. Yang mana Pemkab Mentawai itu sendiri telah mengeluarkan surat edaran bupati.

SE ini ditujukan kepada bagi pelaku perjalanan ke wilayah Kepulauan Mentawai maupun sebaliknya. Juru Bicara Kebijakan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW menyebutkan, ada beberapa ketentuan bagi pelaku perjalanan untuk menghindari penyebaran Covid-19, melalui pers rilisnya, Jumat (23/10).

Dalam surat edaran ada beberapa ketentuan bagi tiap pelaku perjalanan wajib melakukan swab tes meski telah mengantongi surat keterangan hasil rapid test non-reaktif. “Kalau sudah ada hasil swab test negatif yang masih berlaku tidak perlu lagi rapid test atau swab test di pelabuhan padang pada saat keberangkatan ke Mentawai, namun setelah 4 hari sampai di Mentawai pelaku perjalanan ini wajib mengikuti swab test lagi, dikawatirkan ada penularan dari atas kapal,” jelasnya lagi.

Swab tes yang dilakukan ini, lanjutnya, diberikan secara Cuma-cuma alias gratis di Pelabuhan Muara Padang, Teluk Bayur dan Pelabuhan Bungus.  perjalanan saat libur dan cuti bersama yang jatuh pada 28 Oktober hingga 9 November. Apa bila ada masyarakat yang melanggar dan tidak mau mengikuti tes Swab,maka Pemkab Mentawai sesuai pada perda AKB. “Maka kita akan melakukan pemaksaan untuk tes swab, sesuai dengan ketentuan,” tegas Serieli BW. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional