Menu

Penuhi Kebutuhan Daging Sapi di Kota Padang, RPH Direhab

  Dibaca : 74 kali
Penuhi Kebutuhan Daging Sapi di Kota Padang, RPH Direhab
Kepala Dinas pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat.

LUBUK MINTURUN, METRO–Dinas Pertanian Kota Padang melakukan rehab Rumah Potong Hewan (RPH) khusus sapi dan babi di Lubuk Buaya, Kecamatan Kototangah. Rehab berat ini dilakukan untuk memenuhi kebu­tuhan sapi dan babi di Kota Padang.

Kepala Dinas pertanian Kota Padang, Syahrial Ka­mat didampingi Kabid Ke­sehatan Hewan, drh. Sovia mengungkapkan, rehab berat ini menggunakan dana APBD Padang. Untuk RPH khusus sapi saat ini baru memiliki daya tam­pung 25 ekor penyem­beli­han setiap sehari.

Sementara kebutuhan sapi mencapai 45 ekor se­hari. Selama ini, sekitar 20 ekor sapi yang tidak dipo­tong di RPH disembelih di kandang-kandang peter­nak. Sehingga kuali­tas­nya kurang bagus. Jika proses rehab nanti sudah se­lesai, maka RPH akan bisa me­nyem­belih 45 ekor sehari.

“Harapannya, tak ada lagi sapi yang dipotong sembarangan. Tapi semua­nya kita tampung di RPH,” kata  Sovia.

Rehab ini juga akan menyulap RHP sebagai tempat yang nyaman. Ka­rena untuk sekarang, image RPH masih sebagai tempat yang me­nye­ram­kan. Proses rehan nantinya juga dilakukan hingga ke IPAL atau tempat pem­buangan air limbah pe­nyem­belihan.

“Insyaallah, target kita selesai tahun ini. Jadi di awal tahun 2022, semua pemotongan sapi sudah bisa dilakukan di RPH,” tandas Syahrial Kamat lagi.

Rehab yang sama juga dila­kukan untuk RPH khu­sus babi di dekat Pasar Lu­buk Buaya. Sejak dibangun, baru akan direhab tahun ini. Rehab juga dalam rang­ka memunuhi kebutuhan pasokan daging babi untuk kawasan Pondok dan seki­tar­nya.

“Sekarang rata-rata  jumlah babi yang dimati­kan di sana adalah seba­nyak 3 ekor. Setelah mati baru di kawasa di Pondok,” tandasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional