Menu

Penting Menanamkan Budaya Membaca Sejak Dini di Kota Solok

  Dibaca : 111 kali
Penting Menanamkan Budaya Membaca Sejak Dini di Kota Solok
SAMBUTAN— Wakil Wali Kota Solok Rahmadhani Kirna Putra memberikan kata sambutan saat menghadiri kegiatan pentingnya budaya membaca terhadap anak.

SOLOK, METRO–Menanamkan budaya mem­baca buku terhadap anak sejak usia dini dinilai sangat penting. Sebab banyak man­faat yang bisa diambil dari kegiatan membaca, terutama terkait perkembangan otak anak.

Wakil Wali Kota Solok Rah­madhani Kirana Putra menilai, dengan membaca sejak usia dini dapat merangsang rasa keingintahuan anak akan ilmu pengetahuan. Namun, jelas dalam hal ini orang tua harus selektif dan pandai menge­rahkan anak untuk membaca buku yang sesuai dengan umur mereka.

“Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan orang tua dengan membacakan buku dongeng bernilai positif bagi anak. Dengan begitu, selain merangsang anak untuk ikut membaca, anak juga belajar berbagai pesan moral yang disampaikan,” ujar Rah­ma­dhani.

Sebab menurutnya ba­nyak waktu yang bisa diman­faatkan untuk mengenalkan budaya literasi pada anak. Selain itu, dengan memba­cakan buku untuk anak juga secara tidak langsung akan semakin mempererat hu­bu­ngan emosional antara anak dan orang tua.

Dewasa ini memang ba­nyak tantangan yang dihadapi dalam perkembangan anak. Pengaruh gadget dari pada membaca buku terhadap anak anak jelas menjadi persoalan.

“Ini perlu menjadi pe­r­hatian serius kita semua se­bagai orang tua, pengawasan dan pengajaran orang tua sangat penting dalam mem­bentuk kepribadian dan ka­rakter anak, makanya de­katkan anak dengan buku-buku yang sesuai dengan usianya,” ajak Rahmadhani.

Kembali diingatkannya, usia dini merupakan waktu terbaik dalam memulai pem­bentukan karakter anak dan penanaman nilai-nilai bagi anak. Apalagi, pada tahap ini, anak akan lebih cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang terde­kat­nya.

Budaya lingkungan ke­luarga akan sangat mem­pengaruhi watak dan karakter anak. Makanya, orang tua harus mampu memberikan contoh yang baik bagi anak. Kalau ingin anak suka mem­baca, tentu orang tua harus memperkenalkannya sejak dini.

“Untuk itu, saya mengajak semua kalangan orang tua untuk menanamkan budaya membaca bagi anak sejak dini, jangan biarkan kesempatan emas membentuk kepribadian anak berlalu begitu saja,” jelas Rahmadhani. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional