Close

Peningkatan, Pemahaman Tugas dan Fungsi Ormas, Ormas se-Pasaman Diberi Wejangan

SOSIALISASI— Kesbangpol Pasaman melaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

PASAMAN, METRO–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasaman melaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) se Kabupaten Pasaman di Aula Hotel Arumas Lubuk Sikaping, Selasa (21/06). Mayonis selaku ketua panitia melaporkan, tujuan dari kegiatan ini adalah upaya peningkatan dan pemahaman tugas dan fungsi Ormas serta tata cara dan mekanisme pendaftaran Ormas di lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui penyampaian dan pemikiran dan pandangan dari nara sumber kepada peserta.

Disebutkan Mayonis, peserta yang hadir dalam kegiatan berjumlah 68 orang yang merupakan perwakilan dari Ormas yang ada di Kabupa­ten Pasaman.

Nara sumber dari Kaban Kesbangpol Provinsi Sumbar, Polres Pasaman, Dandim O3/05 Pasaman dan Kaban Kesbangpol Kabuoaten Pasaman.

Bupati Pasaman yang diwakili Asisten I Hasrizal, S.Sos, menyampaikan, Bahwa cukup banyak Ormas dan LSM yang ada di Kabupaten Pasaman. Kondisi ini tentunya sa­ngat menggembirakan apalagi Ormas di Pasaman juga sudah memberikan sumbangsih nyata bagi pemberdayaan masyarakat dalam kerangka mengawal proses dan keberhasilan pembangunan.

“Karena saya yakin dan percaya bahwa sesungguhnya masyarakat adalah pemilik sah pembangunan. Tanpa masyarakat yang berperan aktif, tidak mungkin pemba­ngunan dapat berjalan dengan baik,” jelas Bupati dalam pidato yang dibacakan oleh Hasrizal.

Oleh karena itu kata dia peran aktif masyarakat itu tentu harus dipahami dalam bentuk dukungan. Dalam hal ini saya selaku bupati menegaskan bahwa dukungan itu bukan saja terbatas pada persetujuan dan partisipasi atas berbagai program pemerintah. Akan tetapi dukungan itu juga dapat berupa saran atau kritik yang tajam sekaligus.

Bupati berharap kalangan Ormas dan LSM yang ada di Pasaman ini, untuk terus ber­kiprah dengan menguasai berbagai persoalan yang dihadapi di daerah ini dan perlu saya kemukakan disini bahwa eksistensi sebuah organisasi atau LSM akan diakui ma­syarakat jika melakukan u­paya-upaya pemberdayaan dan penyadaran masyarakat dan berbagai kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pada kesempatan ini sa­ya berharap agar Ormas da LSM dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksana­nya suasana kondusif dalam pembangunan di Pasaman mari kita jaga dan pelihara suasana yang selama ini a­man, tentram dan damai di Kabupaten Pasaman ini,” Pinta Bupati. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top