Close

Peningkatakan Pelayanan Publik, Warga Usulkan Renovasi Kantor Lurah Padang Pasir yang Representatif

RAKORBANG— Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Kelurahan Padang Pasir dibuka oleh Camat Padang Barat Junie Nursyamza.

PADANG, METRO–Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat Tahun 2023 untuk perencanaan pembangunan tahun 2024 digelar Hotel Santika, Kamis (19/1).  Kegiatan dengan tema “Pemantapan Kualitas Infrastruktur dan Lingkungan dalam Mendukung Perekonomian Kota, Untuk Me­wujudkan Kota Padang sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul”.

Daftar usulan dari 22 RT dan 6 RW mengusulkan dari RT 03 RW 01 Renovasi Kantor Lurah, RT 01 RW 01, RT 01 RW 02, RT 02 RW 03, RT 01,02 RW 04, RT 04 RW 04, RT 03 RW 06  usulan perbaikan riol dan trotoar, pembersihan riol, pengerukan riol, saluran tertutup kanan dan kiri, rehab riol, pembenahan riol dan RT 04 dan RW 04 usulkan pelatihan pengemudi mobil.

Camat Padang Barat, Junie Nursyamza yang membuka secara langsung kegiatan Rakorbang itu mengatakan, disampaikan beberapa hal yang berkem­bang saat ini. Dalam Rorbang ini ada hal- hal perlu kita sampaikan harus kitra samakan usulan. Jika nanti sudah sama maka akan diteruskan kepada pihak pihak terkait.

Terkait.pada Rakorbang ini, kita jangan terlalu terfokus saja dengan kegiatan –kegiatan  fisik. Selain itu banyak hal yang perlu kita lakukan untuk Kelurahan Padang Pasir.  “Rata – rata fasilitas umum berupa Infrastruktur itu sudah bisa dikatakan sudah 90 parsen sudah bagus.” ujar Junie Nursyamza.

Namun kata Junie Nursyamza,  kendala utama di Padang Pasir mungkin itu drainase saluran air.Tetapi kita yang sering terlupakan usulan tentang pem­berdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi ma­syarakat.

Dari Rakorbang kita lanjutkan di Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Keca­matan dan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kota Padang.

Semoga kepada peserta Rorbang ini juga mengu­sulkan unsur kesehatan, penyandang disabilitas, permberdayaan masyarakat, Ada juga usul – usul untuk masyarakat miskin,usulan –usulan fasilitas kesehatan,Posyadu,penangan stunting. “Apapun usulkan kita semua harus tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sesuai program unggulan Walikota Padang, mulai dari rembuk warga sampai musrenbang Nasional  harus mengikuti program perencanaan, mohon usul –usulan yang betul –betul bermanfaat bagi masyarakat, kami akan memperjuangkan di Musrenbang Kota Padang,” jelas Junie Nursyamza.

Sementara Lurah Padang Pasir, Afrimen me­ngatakan pelaksanaan Rakorbang tahun2023 Ke­lurahan Padang Pasir sudah menampung aspirasi hasil musyawarah rembuk warga dan kami himpun dari 6 RW dengan hasilnya. bidang prasarana fisik 29 usulan, bidang ekonomi 10 usulan, bidang sosial budaya 14 usulan total usulan sebanyak 53 usulan.

Dikatakan Afrimen, ada dari usulan rakorbang tahun 2021 yang lalu sebanyak 33 usulan sarana prasarana, 12 usulan ekonomi, 12 usulan budaya yang waktu pelaksanaanya di tahun 2022 yang lalu hanya mampu mengakomodir sebanyak 3 usulan.

“Untuk itu kami sangat beraharap kedepannya untuk tahun ini kegiatan rakorbang Kelurahan Pasir dapat diakomodir oleh berbagai pemangku kepen­tingan. Baik dari Pemko Padang, Pokir, Infrastruktur dan lain – lain, sehingga semua pelaksanaan kegiatan pembangunan yang sudah direncanakan dalam rembuk warga,” sebutnya.

Dapat kami laporkan sebut Afrimen, mengenai hasil pelaksanaan Kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan di tahun 2022 antara lain Pengecoran jalan ready mix melalui manunggal RT 02 RW 06,  Pengecoran jalan ready mix melalui Fasling di RT 01 RW 03, pengecoran jalan ready mix melalui pokir bapak Arnedi Yarmen di RT 01 RW 04.

Ketua LPM Kelurahan Padang Pasir,Herman Tanjung pada rakorbang ini kami mengusulkan  sarana prasarana, pemberdayaan, sosial budaya, pendidi­kan,pembangunan masyarakat, kesehatan, mem­perhatikan stunting, dan sumber daya manusia (SDM).

“Kita perkuat dalam usulan, bagaimana dengan SDM itu menjadi manusia yang berkualitas ke­depannya. Selain itu kita usulkan juga drainase karena setiap hujan ada terjadi genangan air,: ucap Herman Tanjung. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top