Menu

Penilaian Kelurahan Berprestasi, Tingkatkan Kapasitas Pembangunan dari Bawah di Kota Solok

  Dibaca : 94 kali
Penilaian Kelurahan Berprestasi, Tingkatkan Kapasitas Pembangunan dari Bawah di Kota Solok
PENILAIAN—Tim rombongan penilaian Kelurahan Berprestasi ketika bertemu dengan Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra.

SOLOK, METRO–Asisten II Setretariat Kota (Setko) Solok Jefrizal menga­takan, penilaian kelurahan ber­prestasi menjadi makna ter­sendiri di tengah upaya me­ning­katkan kapasitas pem­bangunan di tingkat kelurahan. Pemerintah Kota Solok secara kontinyu melakukan pembi­naan dan pengawasan pe­nyelenggaraan pemerintahan di tingkat kelurahan. Hal itu bertujuan tidak lain untuk me­ningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kelurahan berprestasi pada dasarnya dimaksudkan untuk menguatkan partisipasi serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan kelura­han, yang tandai dengan pe­ning­katan kualitas kehidupan masyarakat,” ujar Jefrizal da­lam kegiatan penilaian kelu­rahan berprestasi, kemarin.

Keberhasilan yang diraih Kelurahan Tanjung Paku dalam penilaian kelurahan tingkat Kota Solok, merupakan wujud keberhasilan pemerintahan kelurahan beserta warga ma­sya­rakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan ber­masyarakat.

Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan mewakili Kota Solok dalam pemilihan kelurahan ber­pres­tasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021. Dalam pen­i­laian tersebut, tim provinsi Sumbar langsung turun mela­kukan verifikasi ke kelurahan.

“Pembangunan, sarana dan prasarana baik sarana kelurahan, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi di kelurahan menjadi prioritas dalam pem­ba­ngunan kelurahan,” tambah Jefrizal.

Dijelaskan Jefrizal, ada beberapa indikator penting dari Kelurahan Tanjung Paku, se­hingga layak untuk meraih predikat terbaik dalam peni­laian kelurahan berprestasi tingkat kota, terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pem­ba­ngunan di kelurahan.

Mulai dari bidang pen­didi­kan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, kea­ma­nan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan. Semuanya berjalan dengan baik. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional