Close

Pengusulan Sebagai Pahlawan Nasional, RSUD Sijunjung akan Berganti Nama menjadi RSUD Syafii Maarif

KUNJUNGAN— Wabup Sijunjung Iraddatillah didampingi Rektor UMSB Dr.Riki Saputra saat meninjau Convention Hall UMSB yang diberi nama Buya Syafii Maarif.

SIJUNJUNG, METRO–Pemkab Sijunjung melalui Wakil Bupati Iraddatillah meminta dukungan dan bantuan Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB) untuk melakukan kajian akademis tentang riwayat perjuangan Buya Syafii Maarif, sekaligus kajian kelayakan pengusulan sebagai Pahlawan Nasional. Sejumlah data dan dokumen pendukung kini telah dipersiapkan Pemkab Sijunjung. Bahkan, rencana pergantian nama RSUD Sijunjung menjadi RSUD Syafii Maarif pun akan dilakukan. Hal itu mengingat peletakan batu pertama pembangu­nan RSUD di Sijunjung dilakukan oleh Buya Syafii Maarif.

Upaya itu juga merupakan tindaklanjut dari kerjasama Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dalam rangka menginisiasi pengusulan Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif sebagai Pahlawan Nasional.  “Kita telah melakukan pengumpulan data dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Termasuk rencana menjadikan na­ma RSUD Sijunjung menjadi RSUD Syafi’i Ma’arif, karena beliau lah yang melakukan peletakan batu pertama pembangu­nan RSUD dahulunya,” tutur Iraddatillah.

Pihaknya mengapresiasi kerjasama dan peran aktif UMSB yang telah melaksanakan pendirian Museum Rumah Kecil Buya Ahmad Syafi’i Ma’arif di Nagari Sumpur Kudus Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus beberapa waktu lalu. “Kami mohon juga kiranya UMSB dapat mengabadikan nama Prof. Dr. H. Syafi’i Ma’arif pada sarana monumental dilingkup UMSB seperti na­ma gedung, monumen, jalan dan lain lain,” harap Wakil Bupati Sijunjung saat mengunjungi Kampus UMSB pa­da Jumat (21/10) kemarin.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatra Ba­rat, Dr.Riki Saputra, MA me­nyatakan kesiapan untuk mewujudkan komitmen kerjasama dengan Pemkab Sijunjung terkait pengusulan Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif menjadi Pahlawan Nasional. “Kita dari UMSB sepakat untuk mewujudkan komitmen tersebut. Kita tengah menindaklanjuti dan mempersiapkan agar  Buya Syafii Maarif masuk ke da­lam  pahlawan nasional. Kami dari UMSB juga telah membentuk tim yang nan­tinya akan mengumpulkan dokumen pendukung,” jelas Rektor UMSB.

Pihaknya meminta bantuan dan kerjasama seluruh pihak dalam mewujudkan harapan bersama tersebut. “Kami mengucapkan terimakasih karena sebagian dokumen sudah dilengkapi oleh Pemkab Sijunjung. Ka­mi dari UMSB juga telah memulai memakai nama Buya Syafi’i Ma’arif pada convention hall di UMSB ini,” sebutnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top