Close

Pengusaha Muda Payakumbuh Ikuti Talk Show BTS

SAMBUTAN— Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda saat memberikan sambutan pada acara Talk Show BTS.

POLIKO, METRO–Puluhan pengusaha mu­­da Kota Payakumbuh ikuti talk show Bisnis Tidak Sulit (BTS), yang dibuka secara langsung oleh Pj. Wali Kota Payakumbub di Aula Ngalau Indah Balai Kota Paya­kum­buh, Sabtu (21/1). Kegiatan yang di­pra­karsai oleh Him­punan Pe­ngu­saha Muda (HIPMI) Kota Payakumbuh itu, di­ha­rapkan bisa menjadi wa­dah bagi para pelaku bisnis untuk bertukar piki­ran dan be­lajar dari pe­nga­laman ser­ta ilmu yang akan di­sam­­paikan oleh narasum­ber.

Pj. Wako Rida Ananda mengatakan, Pemko Paya­kum­buh sangat menyam­but baik inisiatif yang dila­kukan oleh panitia untuk menyelenggarakan acara talk show BTS ini. “Saya sangat senang dan sangat mengapresiasi antu­sias­me penyelenggara, se­kaligus menghadirkan ca­lon-calon pengusaha mu­da di Payakumbuh,” kata Pj. Wako Rida Ananda.

Dia menyebut, bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam pem­bangunan ekonomi dan pemberdayaan masya­ra­kat. Bisnis bukan hanya meng­hasilkan laba bagi pe­miliknya, tetapi juga mem­berikan kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan kualitas hi­dup masyarakat dan pem­bangu­nan kota. “Jangan lupa, kalau sudah untung pajaknya jangan lupa diba­yarkan. Sebab secara ti­dak langsung para pengu­saha ini sangat berkuon­tri­busi untuk kelancaran pem­bangunan di Paya­kum­buh ini,” ucapnya.

Selain itu, Pemko Payakumbuh akan terus berupaya memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan oleh para pelaku bisnis agar dapat ber­kem­bang dan berinovasi.

Lebih lanjut diterangkan Rida, pada tahun 2021, Kota Payakumbuh menerima penghargaan sebagai peringkat 1 Nasional Kemudahan berusaha dari Kementerian Investasi/Kepala BKPM.

“Artinya secara nasional pengurusan perizinan berinvestasi di Kota Payakumbuh tidak sulit. Hampir semua tahapan sudah menggunakan aplikasi, yang didukung oleh aplikasi Sitarang sebagai panduan peizinan,” terangnya.

Kemudahan berusaha yang sudah teruji secara nasional tersebut ditujukan untuk menarik inves­tasi sebanyak-banyaknya, serta menumbuhkem­bang­kan usaha atau bisnis rintisan atau start up istilah kerennya di Kota Payakumbuh.

“Kepada para calon pengusaha muda, galilah ilmu, belajarlah dari pengalaman yang lebih senior, bangunlah jejaring, persiapkan sebuah rencana, tentukan core bisnis, carilah sumber pendanaan yang tepat, dan yang pasti segeralah memulai,” ucapnya.

Beberapa hal yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memfasilitasi kemudahan bisnis diantaranya adalah, menyediakan jaminan per­lin­dungan hukum dan per­lindungan bagi investor dan pengusaha, melalui penerbitan NIB yang mudah dan transparan, penggunaan aplikasi yang tepat, menyediakan infrastruktur yang baik dan memadai seperti jalan, jaringan listrik, air bersih, dan telekomunikasi.

Selain itu juga menyediakan fasilitas umum seperti kantor pemerintah, perkantoran, dan fasilitas pertemuan. Membuat peraturan yang kondusif dan menghapuskan regulasi yang merugikan bisnis. Memberikan bantuan teknis, dan pelatihan dalam rangka menyediakan sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman.

Serta membuat sistem pengelolaan data yang baik dan transparan untuk memudahkan akses informasi bagi pengusaha. Mem­buat sistem one stop service untuk mempermudah proses perizinan dan pengurusan administrasi. Melakukan promosi dan pemasaran daerah untuk menarik perhatian investor dan pengusaha dan Menetapkan branding City of Randang, beserta program-program yang menunjang pengembangan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Hipmi Sumbar Muhammad Raihan, mengharapkan HIPMI Pa­ya­kumbuh terus berkola­bo­rasi dengan Pemko Pa­ya­kumbuh untuk mening­katkan pendapatan daerah. “Harapan kita tentu dengan kolaborasi antara Hipmi dan Pemko Payakumbuh kian mesra. Sehingga akan terjadi sesuatu yang luar biasa disini. Salah satunya PAD Payakumbuh akan meningkat. Dan pertumbuhan eko­nomi baru akan terus tumbuh disini,” ujarnya. “Mu­dah-mudahan dengan BTS ini akan terus me­lahir­kan enterprenuer mu­­­da di Payakumbuh ini,” pung­kasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top