Menu

Pengusaha Minta Ditetapkan Hari Peringatan Songket

  Dibaca : 113 kali
Pengusaha Minta Ditetapkan Hari Peringatan Songket
HARAPAN PENGUSAHA— Anita Dona Asri, pelatih sekaligus pengusaha songket asal Sawahlunto mengharapkan pemerintah segera menetapkan Hari Songket Nasional. (zeki/posmetro)

SAWAHLUNTO, METRO – Pelatih sekaligus pengusaha songket Sawahlunto, bernama lengkap Anita Dona Asri mengharapkan pemerintah dapat mempercepat ditetapkan Hari Songket Nasional. Karena menurutnya songket adalah karya seni asli nusantara yang perlu dikembangkan.

“Beberapa waktu lalu saya lihat ada Hari Batik Nasional, sehingga sekarang walaupun songket merupakan produk asli Indonesia yang telah lama ada dan patut dikembangluaskan, kenapa pemerintah belum menetapkan hari Songket Nasional?,” katanya saat ditemui di sela sela ia melatih di Desa Muaro Kalaban, Rabu (9/10).

Ia mengatakan, dengan adanya Hari Songket Nasional tentu akan membuat Indonesia demam kain songket, mencintai produk lokal tentunya “Kita lihat sekarang produk luar merajalela ditiap sudut Indonesia, padahal produk asli Indonesia tak kalah menariknya disamping kualitas yang tetap terjaga,” kata gadis asal Desa Lunto Timur, Kota Sawahlunto tersebut.

Dilanjutkan, pada hari batik Nasional tersebut juga membuat Negara luar demam akan batik, seperti yang dilihat di media sosial baju batik diperagakan para bule karena juga turut merayakan hari batik.

“Kenapa tidak nantinya orang luar bisa juga merasakan kenyamanan memakai tenun asli Indonesia terutama Sawahlunto, kan juga bisa menambah pendapatan para pengusaha tenun, menambah perekonomian rakyat,” tuturnya.

Diketahui, Dara (31 tahun) yang biasa dipanggil Dona itu pernah beberapa kali menjadi Perwakilan Sawahlunto bahkan Indonesia karena keahliannya dalam dunia songket, diantaranya mengikuti seminar serta pameran pada tahun 2017 lalu di Belgia dan memenuhi undangan KBRI Indonesia Moskow dalam acara Festival Indonesia di Moskow, Rusia. (zek)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional