Menu

Pengurus PWI Sawahlunto Dikukuhkan, Harapkan Pemko-PWI Bermitra Lahirkan Wartawan Muda

  Dibaca : 114 kali
Pengurus PWI Sawahlunto Dikukuhkan, Harapkan Pemko-PWI Bermitra Lahirkan Wartawan Muda
FOTO BERSAMA—Pengurus PWI Kota Sawahlunto masa bhakti 2020-2023 foto bersama usai dikukuhkan Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus.

SAWAHLUNTO, METRO
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto, periode 2020-2023 dikukuhkan Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Kota Sawahlunto, Sabtu siang (12/12). Kegiatan pengukuhan ini dihadiri Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu dan segenap unsur forkompimda Kota Sawahlunto. Di samping itu, juga terlihat hadir para pengurus PWI daerah tetangga seperti PWI Sijunjung, PWI Tanahdatar dan PWI Dhamasraya.

Susunan pengurus PWI Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 sebagaimana yang dibacakan Sekretaris PWI Sumbar, Widya Navies sebelum dikukuhkan Pengurus PWI Sumbar ini, diketuai Indra Yosef D dengan Sekretaris Fadillah Jusman dan Bendahara, Michael Wong serta dibantu beberapa bidang.

Ketua PWI Sawahlunto Indra Yosef D usai pengukuhan mengatakan, bahwa PWI merupakan salah satu organisasi wartawan yang terverifikasi Dewan Pers dan merupakan organisasi resmi dan berjenjang hingga ke pusat. PWI merupakan organisasi terbuka bagi seluruh wartawan tetapi tentunya harus mengikuti prosedur atau standar yang telah ditentukan oleh organisasi, seperti lulus dari Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk bisa menjadi anghota PWI.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menymbut baik pengukuhan PWI Kota Sawahlunto. Dia mengharapkan, ke depannya PWI dapat menjadi mitra pemerintah yang bisa menjadi penyambung informasi dari Sawahlunto yang berimbang, kritikan dan saran untuk bisa menjadikan Kota Sawahlunto lebih baik.

Deri mengajak, pengurus dan anggota PWI Sawahlunto bersama menjaga masyarakat dari penularan Covid-19. Kota Sawahlunto masih dalam status zona oranye, bahkan pernah zona merah. Diharapkan ke depan kondisi ini bisa makin baik dan aman dalam beraktivitas, di zona kuning.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengharapkan, pemko bersama PWI menjadi mitra solid dalam melahirkan wartawan muda sesuai jenjang yang telah ditetapkan PWI, mulai dari merekrut melalui KLW (Karya Latihan Wartawan), dilanjutkan dengan UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

“Ini adalah jalur yang telah ditetapkan PWI di tanah air sebagai organisasi profesi wartawan, dengan rambu-rambu UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan PWI,” jelas Heranof.

Dikatakan Heranof, di masa pandemi Covid-19 ini PWI juga menyelenggarakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2021 mendatang secara virtual, yang diikuti semua PWI provinsi, kabupaten dan kota. “PWI Kota Sawahlunto, silahkan nanti membuat acara tersendiri secara lokal dan bersama-sama mengikuti puncak HPN secara virtual bersama Wali Kota dan jajaran pemko serta mitra lainnya,” ajak Heranof. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional